10 Fungsi Koran Bekas

fungsi koran
Sumber : intermissions.typepad.com

Apa yang anda lakukan pada koran yang telah selesai dibaca? Buang ke tempat sampah, tentu saja. Sebagian orang mungkin menjual atau memberikannya secara cuma-cuma kepada pengumpul barang bekas keliling. Sebenarnya, anda masih dapat memanfaatkannya untuk hal-hal lain.

1. Pembersih Jendela

Banyak orang yang meragukan saran ini, karena tinta pada koran sering kali membekas di jari-jari tangan ketika anda memegangnya terlalu lama. Kenyataannya, koran bekerja lebih baik dari kain dalam hal menggosok jendela kaca. Anda dapat menggunakan campuran air dan cuka sebagai pengganti air sabun untuk teknik ini.

2. Kertas Kado

Koran bekas sama sekali bukan pilihan utama sebagai kertas pembungkus kado bagi sebagian besar orang karena warnanya yang hitam putih. Jika anda membeli kertas kado di toko, anda bisa memilih warna apa saja yang sesuai dengan selera anda. Namun, disinilah sisi menariknya. Dengan menggunakan kertas koran, anda tidak akan pernah menemukan 2 buah kado dengan motif pembungkus yang persis sama.

3. Pembungkus Bahan Makanan

Sayur-sayuran yang langsung dimasukkan ke kulkas akan mudah layu . Untuk mengatasinya, anda bisa membungkusnya terlebih dahulu dengan beberapa lapis koran sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

4. Penjaga Bentuk

Sepatu dan tas jika ditumpuk akan merusak bentuk asli mereka. Remaslah sejumlah koran bekas dan masukkan ke dalam tas dan sepatu sebelum disimpan.

5. Memudahkan Penyalaan Api

Jika anda pergi kemping atau BBQ di halaman rumah, koran merupakan alat yang berguna untuk membantu anda mempercepat nyala api.

6. Sampul Buku

Gunakan koran yang memiliki gambar yang berkaitan dengan buku yang akan anda sampul. Misalnya, anda ingin menyampul buku biologi, carilah kertas koran yang memuat gambar hewan.

7. Kertas Alas Sekali Pakai

Makan kepiting langsung dari cangkangnya merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Namun serpihan-serpihan kulit kepiting yang berceceran membuat orang malas membereskannya. Gunakan kertas koran sebagai alas makan anda. Begitu selesai dengan kepiting anda, anda bisa langsung membuang koran bersama dengan kulitnya.

8. Mempercepat Pematangan Buah

Buah yang dibungkus dengan kertas koran akan lebih cepat matang, sehingga jika buah yang anda beli terlalu hijau, anda bisa memanfaatkan trik ini.

9. Pelindung paket

Jika anda tidak bisa menemukan bubble-wrap (plastik pembungkus dengan bola-bola udara kecil) untuk melindungi paket yang anda kirim, anda dapat memanfaatkan koran bekas sebagai gantinya. Sobek memanjang kertas koran dalam jumlah banyak, lalu letakkan di sekeliling dan atas-bawah paket. Dengan begini, paket anda akan lebih terjaga.

10. Menetralkan Bau

Sepatu olahraga seringkali mengeluarkan bau yang menyengat akibat endapan keringat. Remas-remas kertas koran lalu masukkan ke dalam sepatu, hal ini akan mengurangi bau busuk sepatu anda.

Leave a Reply