10 Fungsi Unik Minyak Kelapa

minyak kelapa
Sumber : http://www.doctorshangout.com/

Selain digunakan untuk menggoreng atau menumis sayur, minyak nabati ini juga dapat digunakan untuk hal-hal lain, seperti daftar di bawah ini:

Pelepas stiker

Makanan atau yang menggunakan kemasan botol kaca biasanya ditempeli stiker atau label merk dan penjelasan bahan. Jika anda ingin menggunakan botolnya, tentu labelnya harus disingkirkan terlebih dahulu.

Caranya mudah. Pertama, kupas stiker dengan tangan sebanyak yang anda bisa. Cuci botol lalu rendam dalam air hangat dan sedikit sabun. Setelah kering, gosok stiker yang tersisa dengan minyak, dan taburkan baking soda.

Membuat perabot kayu tampak baru

Oleskan sedikit minyak kelapa pada bagian yang terlihat usang dan kering, gosok lembut dengan kain.

Membersihkan daerah berjamur

Anda bisa menghilangkan dinding yang berbercak jamur dengan mengoleskan minyak kelapa 3-4 kali sehari. Lakukan secara teratur untuk menghalau jamur mengganggu rumah anda.

Mempercepat nyala api

Jika anda sedang BBQ dan kesulitas menyalakan api, trik yang satu ini akan membantu anda. Celupkan kapas ke dalam minyak kelapa lalu lempar ke dalam kayu atau bara. Bola kapas anda akan membuat api lebih cepat membesar.

Mengkilatkan cutting board

Jika cutting board anda sudah terlihat kering, gosok dengan sedikit minyak kelapa, diamkan beberapa jam, lalu bersihkan dengan kertas tisu.

Mengurangi hairball

Bagi yang memelihara kucing, pasti terbiasa dengan hairball atau gumpalan bulu-bulu kucing yang lepas. Untuk mengatasinya, oleskan sedikit minyak kelapa pada kaki kucing anda.

Dengan teknik ini, saat kucing anda menggaruk-garuk bulunya, jumlah bulu yang terlepas akan berkurang plus bulunya akan semakin kilat karena terkena minyak kelapa.

Membersihkan make-up

Untuk make-up yang tebal terutama di bagian mata, biasanya perlu dibersihkan beberapa kali. Untuk mempercepat prosesnya, anda bisa menyapukan sedikit minyak kelapa yang diteteskan ke kapas.

Gatal pada anjing

Jika anjing anda merasa gatal-gatal, anda bisa menolongnya dengan menggosok area yang gatal dengan sedikit minyak kelapa.

Membuat kursi kulit bersinar

Tuangkan sedikit minyak pada kain lembut, lalu gosok dengan pelan. Bahan kulit pada kursi anda akan menjadi kilat dan bersinar.

Mengobati infeksi jamur

Kaki yang sering berlari dengan menggunakan sepatu kadang-kadang menjadi bau dan terinfeksi jamur, Untuk mengobatinya, oleskan minyak kelapa pada kaki beberapa kali sehari selama seminggu.

Leave a Reply