5 Alasan Unik yang Membuat Pesawat Membuat Pendaratan Darurat

pendaratan darurat
Sumber : http://www.oddee.com/

Kadang-kadang, pesawat harus melakukan pendaratan darurat dikarenakan masalah pada mesin, cuaca yang tidak mendukung, atau kondisi darurat yang terjadi secara tiba-tiba. Namun, ada juga pendaratan darurat yang dilakukan karena alasan konyol. Lima kisah berikut adalah contohnya.

Wanita tidak bisa berhenti bernyanyi

Pada Mei 2013, sebuah penerbangan dari American Airlines harus melakukan pendaratan darurat karena salah seorang penumpang wanita tidak mau berhenti menyanyikan lagu Whitney Houston yaitu “I Will Always Love You”.

Penerbangan lokal dari Los Angeles menuju New York tersebut dialihkan menuju Kansas City supaya mereka bisa menurunkan penumpang wanita tersebut. Awalnya wanita itu hanya bersenandung kecil, mamun kemudian dia semakin keras dan menolak berhenti walaupun banyak penumpang dan kru yang terusik.

Kotoran anjing

Tampaknya peraturan penerbangan yang melarang penumpangnya membawa hewan peliharaan memiliki alasannya tersendiri. Karena pada Agustus 2014, pesawat US Airways Flight 598 dari Los Angeles ke Philadelphia harus mendarat karena adanya kotoran anjing di dalam pesawat.

Dalam penerbangan tersebut, mereka membawa serta seekor anjing. Di tengah penerbangan, anjing tersebut menuju kamar mandi sebanyak 3 kali, yang menyebabkan bau menusuk dan membuat banyak penumpang mual.

Ketika si anjing kembali menuju kamar mandi kesekian kalinya, para kru pesawat segera mengumpulkan kertas tissue, sedangkan pilot mengumumkan pendaratan darurat ke Kansas City. Para tim pembersih telah menunggu mereka disana untuk melakukan pensterilan sebelum pesawat kembali ke jalur alur.

Pertengkaran pengantin baru

Siapa yang tidak suka mendengar kisah perjalanan honeymoon dari para pasangan baru. Dalam penerbangannya dari Atlanta ke Costa Rica, Delta Air Lines membawa ratusan penumpang, termasuk sepasang pengantin baru.

Satu hal yang tidak mereka ketahui adalah bahwa pengantin prianya sedang mabuk berat dan mulai bertengkar dengan istrinya tidak lama setelah pesawat tinggal landas. Melihat pertengkaran yang semakin memanas, pihak kru memutuskan untuk melakukan pendaratan di Grand Cayman Island.

Disana, pria yang mabuk tersebut ditangkap atas tuduhan mabuk di dalam pesawat, yang mana melanggar peraturan penerbangan internasional. Istrinya sendiri memilih melanjutkan perjalanan honeymoonnya ke San Jose, Costa Rica sendirian.

Ular di pesawat

Masih ingat dengan adegan heboh saat penumpang menemukan ular di pesawat dalam film “Snakes on a Plane” yang dibintangi oleh Samuel Jackson? Penerbangan Egypt Air pada tahun 2012 adalah lokasi dimana film tersebut menjadi kenyataan.

Salah seorang penumpang asal Jordania bernama Akram Adbul Latif membawa seekor ular kobra di dalam kopernya. Namun, ular tersebut kabur dan menggigit pemiliknya dan membuat seluruh penumpang ketakutan setengah mati.

Pesawat yang membawa 90 orang penumbang dari Kairo ke Kuwait segera memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Red Sea resort. Penerbangan kemudian dilanjutkan setelah pihak berwajib mengeluarkan ular seludupan dan pemiliknya.

Ratusan ekor sapi kepanasan

Pesawat Boeing 747 Jumbo membawa 390 ekor sapi untuk menyebrangi Irish Sea. Awalnya semua berjalan dengan lancar hingga alarm kebakaran mereka mendadak berbunyi dan mengejutkan kru.

Alasan yang membuat alarm hidup sama sekali bukan kebakaran atau kerusakan pada mesin, melainkan padatnya sapi di dalam kabin menimbulkan panas berlebihan yang memicu alarm untuk berbunyi.

Leave a Reply