5 Cara Merawat Kuku Rapuh

kuku
Sumber : www.firstimpressionsalon.net

Walaupun kuku yang rapuh sering kali disebut bagian dari warisan gen, namun tidak berarti anda harus pasrah melihat kuku-kuku anda patah begitu saja. Ikuti sejumlah trik berikut untuk mendapatkan kuku yang lebih kuat.

1. Rendam kuku dalam olive oil

Jika anda memiliki kuku yang tipis yang mudah patah, rendamlah dengan olive oil selama 10-15 menit. Lakukan ini 2 hari sekali selama sebulan, setelah itu kurangi menjadi 1-2 kali seminggu.

2. Perbanyak konsumsi biotin

Tambah kuantitas bahan makanan yang kaya akan biotin seperti gandum utuh, telur, bunga kol, dan avokad. Kandungan biotin pada sejumlah makanan ini dapat membuat kuku semakin tebal dan kuat.

3. Jangan paksakan penggunaan kuku

Kadang-kadang kita suka menggunakan kuku untuk beberapa tugas yang sebenarnya membutuhkan alat khusus seperti membuka kaleng soda atau roti dan mengikis noda yang melekat pada benda. Sebaliknya, gunakan pen atau obeng untuk tugas-tugas seperti ini.

4. Hindari pemakaian pembersih kuku

Apakah anda suka mengganti warna kuku anda 2 kali seminggu dan menggunakan pembersih kuku untuk membuang sisa cat yang tertinggal di kuku? Pembersih kuku mengandung acetone yang membuat kuku menjadi kering dan rapuh sehingga tidak baik jika terlalu sering digunakan.

5. Massage

Memijat jari-jari tangan akan menstimulasi peredaran darah pada area yang bersangkutan sehingga membantu kuku tumbuh lebih cepat dan kuat. Gunakan lotion ketika melakukan massage agar memberi kelembapan pada kutikula kuku.

Leave a Reply