5 Fungsi Lain Kayu Manis

kayu manis
Sumber : http://www.redorbit.com/

Selain sebagai bahan tambahan saat memasak atau membuat kue, kayu manis juga dapat digunakan untuk beberapa hal berikut:

Pengusir hama

Taburkan bubuk kayu manis di pintu, jendela, dan area dapur. Walaupun tidak sanggup membunuh serangga, namun bau kayu manis akan mengusir serangga seperti semut masuk ke dalam rumah.

Anda juga bisa mencampur beberapa batang kayu manis, cengkih, dan merica hitam dalam kantong kain untuk mengusir ngengat dari lemari pakaian.

Pupuk

Kayu manis juga dapat berperan sebagai agen pengakaran tanaman. Caranya, tuang 1 sendok bubuk kayu manis pada paper towel dan bungkus pangkal batang yang telah distek. Kayu manis akan merangsang pertumbuhan akar dari pangkal dan mengusir jamur.

Obat jerawat

Campurkan bubuk kayu manis dengan madu, lalu oleskan pada jerawat. Diamkan selama 20 menit lalu cuci bersih dengan air hangat. Selain mengeringkan jerawat, campuran ini juga menghilangkan sumbatan pori-pori dan memperlancar sirkulasi darah pada kulit wajah.

Mengendalikan gula darah

Para penderita diabetes dapat mengonsumsi 2 sendok teh bubuk kayu manis untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah. Konsumsi secara rutin juga dapat menurunkan berat badan dan menurunkan resiko sakit jantung.

Menghentikan pendarahan

Selain wangi, kayu manis juga bersifat antibakteri. Menggunakannya sebagai after shave akan menghentikan pendarahan akibat luka bercukur.

Leave a Reply