5 Hewan dengan Warna Tidak Normal

Setiap jenis hewan memiliki warna khas mereka masing-masing. Beberapa spesies hewan mungkin memiliki variasi warna lebih banyak dibandingkan dengan spesies lainnya, namun tetap memiliki rentang warna tertentu. Warna pada tubuh hewan dipengaruhi oleh kandungan pigmen di dalam tubuh. ketika terjadi kerusakan atau perubahan pada pigmen, maka warna-warna tidak biasa pun muncul pada tubuh hewan.

1. Beruang Kutub Ungu

beruang ungu
Sumber : www.flickr.com

Beruang kutub lazimnya berwarna putih seperti salju, namun seekor beruang kutub di kebun binatang Mendoza, Argentina berubah menjadi ungu. Penduduk setempat pun heboh dengan keberadaan beruang kutub ajaib itu dan berbondong-bondong datang ke kebun binatang untuk melihatnya lebih dekat.

Beruang kutub bernama Pelusa ini memiliki kondisi pigmen yang berbeda dengan beruang kutub normal, sehingga menyebabkan warna bulu di sekujur tubuhnya menjadi ungu.

2. Buaya Orange

buaya orange
Sumber : news.discovery.com

Buaya berwarna jingga satu-satunya di dunia ditemukan oleh Sylvia Mythen saat pulang kerja. Nenek berusia 70 tahun asal Venice ini terkejut karena tidak pernah melihat buaya berwarna seperti itu sebelumnya dan cepat-cepat mengambil fotonya. Dia lalu mengirim gambar ke media lokal dan menghubungi ahli biologi untuk mengidentifikasikan buaya langka tersebut.

Ahli biologi meyakini bahwa buaya tersebut merupakan buaya setengah albino sedangkan Gary Morse dari Florida Fish and Wildlife menduga warna orange pada buaya disebabkan karena perubahan lingkungan yang dihuni oleh buaya tersebut. Kini, Universitas Florida Gators punya maskot baru yang langka dan unik.

3. Katydid Pink

katydid pink
Sumber : www.lvpest.com

Banyak serangga yang berwarna-warni seperti kumbang dan kupu-kupu, namun katydid yang segenus dengan belalang jelas bukan serangga yang memiliki warna pink sebagai warna alami tubuh. Katydid terdapat di Osaka, Jepang dan bagian barat Amerika. Warna pink yang tidak biasa ini disebabkan karena reaksi genetik pigmen merah.

4. Lobster Biru

lobster biru
Sumber : www.eliteinverts.com

Warna obster umumnya adalah gradiasi hijau kebiruan atau coklat kehijauan. Variasi warna ini diperoleh dengan menggabungkan pigmen warna kuning, biru, dan merah. Pada beberapa kasus, kombinasi warna tidak bekerja sebagaimana biasanya dan menghasilkan warna-warna solid lainnya. Sebagai contoh, munculnya lobster berwarna biru, yang kemungkinannya adalah 1 banding 20 juta.

Warna biru solid yang dimiliki lobster membuatnya menghasilkan jumlah protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan lobster-lobster normal. Sejauh ini, lobster biru yang pernah ditangkap diantaranya, 1 ekor di New Hampshire tahun 2009, 2 ekor di Kanada dan 1 ekor di Prince Edward Island tahun 2011, dan 1 ekor di Nova Scottia tahun 2012.

5. Penguin Hitam

penguin hitam
Sumber : www.freerepublic.com

Warna bulu pada tubuh penguin terdiri dari hitam dan putih, membuatnya terlihat seperti memakai tuxedo yang elegan. Namun, seekor penguin berwarna hitam sempurna terlihat di Georgia Selatan. Penemunya adalah Andrew Evans yang merupakan anggota tim National Geographic.

Dr. Allan Baker, ahli burung dan kepala Departemen Sejarah Alam mengatakan bahwa penemuan ini sangat langka dalam dunia burung. Dia mengatakan kalau biasanya burung memiliki bagian putih pada bulu karena kandungan melamin yang mencegah proses pigmentasi.

Add Comment Register



Leave a Reply