5 Hewan dengan Warna Unik

Sejumlah hewan memiliki warna yang lebih menarik dibanding spesies hewan lainnya. Berikut adalah 5 jenis hewan dengan warna tubuh yang unik.

Kadal Spiderman

kadal spiderman
Sumber : www.dailymail.co.uk

Kadal dengan nama latin Mwanza agama ini merupakan spesies kadal yang dapat ditemukan di Tanzania, Rwanda, dan Kenya. Kepala, leher, dan bahu kadal berwarna merah cerah atau ungu sedangkan tubuh bagian bawahnya berwarna biru gelap. Karena kombinasi warnanya itu, kadal ini dijuluki kadal spiderman.

Kadal spiderman mengonsumsi belalang, jangkrik, dan cacing. Di waktu-waktu tertentu, misalnya saat bahaya, kadal ini dapat mengubah warna tubuhnya menjadi coklat. Uniknya, kadal ini dapat berjalan dengan kaki belakang mereka seperti manusia dan merangkak secara vertikal layaknya spiderman.

Siput Lidah

siput lidah
Sumber : chemistry.csudh.edu

Siput bernama latin Cyphoma gibbosum adalah siput laut berwarna yang hidup pada karang lunak di wilayah Kepulauan Karibia. Warna-warna indah yang dimiliki siput bukanlah warna cangkangnya melainkan lapisan jaringan mantel yang terhubung ke kakinya. Saat akan diserang, warna pada jaringan ini akan berubah karena reaksi dari tubuh siput.

Katak Atelopus

katak atelopus
Sumber : www.designswan.com

Katak Atelopus dikenal juga dengan nama katak badut atau kodok Kosta Rika. Habitat katak ini tersebar luas sepanjang Kosta Rika dan Panama. Katak ini masuk dalam daftar hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah setempat.

Panther Chameleon

panther chameleon
Sumber : www.sareptiles.co.za

Bunglon jenis ini memiliki warna tubuh yang tersusun dari kombinasi merah, putih, hijau, dan biru. Seperti beberapa spesies bunglon lainnya, Panther Chameleon memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya untuk menyembunyikan diri. Selain untuk melindungi diri dari predator, perubahan warna juga dapat terjadi jika terjadi perubahan suhu dan cahaya lingkungan sekitarnya.

Ukuran bunglon jantannya berkisar antara 45-50 cm sedangkan ukuran betina biasanya hanya setengah dari jantan. Panther Chameleon dapat ditemukan di bagian timur dan utara Madagaskar, tepatnya di bioma hutan tropis negara eksotis ini.

Salmon Sockeye

salom sockeye
Sumber : blog.wildernessprints.com

Dalam kondisi normal, ikan salmon sockeye atau Oncorhynchus nerka berwarna biru keperakan. Namun memasuki musim kawin, ketika akan melakukan pembuahan, seluruh tubuhnya akan berubah menjadi merah cerah.

Salmon Sockeye dapat tumbuh hingga mencapai panjang 84 cm dengan berat berkisar antara 2,3-7 kg. Salmon ini merupakan spesies anadromous, dengan bermigrasi dari habitatnya ke wilayah air tawar selama musim kawin.

Leave a Reply