5 Kegunaan Lemon

lemon
Sumber : www.glorioustreats.com

Air perasan lemon memiliki banyak kegunaan seperti halnya cuka. Buah berbau segar ini dapat digunakan sebagai aromaterapi, mencerahkan kulit, membersihkan alat-alat berbahan besi, antiseptik, dan lain-lain.

1. Aromaterapi

Tambahkan beberapa tetes minyak lemon murni ke dalam diffuser (alat untuk menebarkan bau seperti pewangi ruangan) jika anda sedang merasa depresi, tertekan atau panik. Wangi lemon yang segar akan menenangkan perasaan dan membuat anda lebih rileks. Selain sebagai aromaterapi, bau lemon akan berfungsi sebagai pewangi ruangan.

2. Antiseptik

Asam pada air lemon dapat membunuh jamur, bakteri, dan kuman sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai antiseptik di rumah. Anda juga dapat menggunakan sisa-sisa potongan lemon untuk menghilangkan bau di tempat sampah dengan menebarkannya di atas tempat sampah.

3. Pembersih gelas dan keramik

Asam lemon akan menghancurkan mineral alkali pada air. Hal ini juga bekerja pada noda yang tertinggal pada dasar gelas atau vas keramik. Campurkan air dan air lemon dengan perbandingan 1:1, diamkan selama beberapa jam agar konsentrasi air lemon bekerja, dan anda bisa mencucinya seperti biasa.

4. Pemutih pakaian

Kombinasi air lemon dan sinar matahari ternyata dapat memutihkan pakaian. Rendamlah baju putih anda ke dalam air dengan ½ gelas air lemon, kucek sesekali, peras dan keringkan di bawah sinar matahari.

5. Facial

Lemon merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk facial oleh para ahli kecantikan. Kandungan lemon dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Oleskan langsung air perasan lemon ke seluruh wajah anda, biarkan hingga kering sebelum membilasnya dengan air.

Leave a Reply