5 Makanan yang Membuat Gigi Lebih Sehat

Sumber : www.hulenhills.com
Sumber : www.hulenhills.com

Beberapa penyebab utama gigi berlubang berasal dari makanan, seperti makanan manis dan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Berita baiknya, sejumlah makanan berikut ternyata mampu menjaga gigi kita dari bakteri penyebab gigi berlubang.

1. Apel

Oleh beberapa dokter gigi, apel sering disebut penyikat gigi alami, karena apel mampu menstimulasi gusi, meningkatkan produksi air ludah, dan mengurangi karies gigi. Ditambah lagi, apel mengandung 15 jenis vitamin dan lebih dari 10 mineral yang penting bagi tubuh.

2. Wortel

Tekstur wortel yang keras membuat gigi anda perlu mengunyah lebih sering, hal ini membuat mulut menghasilkan air ludah lebih banyak, yang mana menetralkan asam dari bakteri. Kini kita mengerti dengan jelas kenapa kelinci punya gigi yang tajam dan kuat.

3. Keju

Keju yang terbuat dari bahan dasar susu merupakan salah satu sumber kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Mengonsumsi keju secara berkala akan memberi lapisan kalsium ekstra pada gigi.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung zat anti-oksidan yang disebut katekin. Zat katekin ini dapat membunuh bakteri pengubah gula menjadi plak gigi.

5. Permen karet Xylitol

Permen karet yang mengandung Xylitol terbukti dapat mencegah gigi berlubang karena kandungan Xylitol mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans.

Leave a Reply