5 Manfaat Makan Timun

timun
Sumber : suite101.com

Sebagai salah satu sayuran yang paling banyak dibudidayakan di dunia, timun yang kaya akan serat, potasium, dan magnesium sangat baik bagi tubuh manusia. Berikut adalah sejumlah manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengonsumsi timun.

1. Pengganti air

Ketika anda mengalami dehidrasi akaibat kekurangan air, timun bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat karena timun mengandung air dalam jumlah tinggi.

2. Meredakan demam

Karena tersusun dari 90% air, konsumsi timun saat demam akan segera meredakan panas di dalam tubuh anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker untuk mengatasi panas matahari.

3. Pembersih racun

Konsumsi timun secara teratur akan membersihkan sisa-sisa racun dalam tubuh dan mngurangi jumlah batu ginjal.

4. Memerangi kanker

Timun diketahui mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol. Ketiga jenis senyawa ini berperan penting dalam mengurangi resiko beberapa jenis kanker seperti kanker rahim, payudara, dan prostat.

5. Mengobati sakit kepala

Minum minuman beralkohol sebelum tidur kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari bagi sebagian orang. Untuk mencegah hal ini, makanlah beberapa potong mentimun sebelum tidur. Vitamin B dan gula pada timun akan mengurangi efek mabuk dan sakit kepala.

Leave a Reply