8 Dessert Terkenal dari Jepang

dessert Jepang
Sumber : http://www.tofugu.com/

Jika anda berkunjung ke Jepang, mencicipi makanan lokal di sana adalah suatu keharusan. Setiap daerah di Jepang memiliki dessert khasnya masing-masing, tergantung pada hasil sumber daya alam mereka.

Hokkaido – Japanese Cheesecake

cheesecake
Sumber : http://www.tofugu.com/

Hokkaido merupakan daerah peternakan yang menjadi daerah penghasil utama produk dairy di Jepang. Hal ini membuat cheesecake di Hokkaido sangat populer karena menggunakan bahan yang diproduksi secara lokal, seperti gandum, telur, susu, dan keju.

Berbeda dengan cheesecake khas Amerika atau Eropa, cheesecake Hokkaido memiliki rasa yang lebih ringan dan lembut. Rasa manis pada cheesecake juga tidak terlalu mendominasi seperti cheesecake pada umumnya.

Tohoku – Edamame Mochi

edamame mochi
Sumber : http://www.tofugu.com/

Salah satu dessert khas dari Sendai, kota utama di Tohoku adalah edamame mochi. Mochi atau kue beras Jepang umumnya sangat lengket yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah. Namun, di Sendai, mereka justru menggunakan pasta kacang edamame di atas mochi.

Kanto – Coffee Jelly

coffee jelly
Sumber : http://www.tofugu.com/

Kanto yang terletak di wilayah paling timur dari pulau Honshu merupakan salah satu daerah dengan kepadatan penduduk tertinggi di Jepang dimana hampir 1/3 penduduk Jepang bermukim di kawasan ini. Selama abad ke-19, daerah ini banyak dikunjungi oleh pendatang dari Eropa dan menciptakan perbauran dalam hal budaya dan makanan.

Di Kanto, anda bisa dengan mudah menemukan dessert Coffee Jelly di kafe-kafe terdekat. Coffee jelly biasa dihidangkan bersama tambahan es krim, milkshake, kopi, teh, pasta kacang merah, whipped cream, atau susu, tergantung pada cita rasa khas masing-masing kafe.

Chubu – Uirou

uirou
Sumber : http://www.tofugu.com/

Seperti mochi, uirou merupakan dessert dengan rasa manis yang terbuat dari tepung beras. Bedanya, uirou menggunakan non-glutinous rice sehingga rasanya jauh lebih kenyal. Biasanya, uirou dibuat dalam warna terang dengan gradasi hijau, cokelat, orange, dan pink.

Kansai – Ice Hotdog

ice hotdog
Sumber : http://www.tofugu.com/

Kota utama di Kansai adalah Osaka, yang merupakan kota terbesar kedua di Jepang. Disini, anda bisa menemukan Amerikamura (America Village) dan dessert unik mereka, ice hotdog.

Ice hotdog terbuat dari potongan roti manis yang diisi dengan es krim (dibuat dari susu khas Hokkaido) dan digoreng deep fried. Rasanya? Perbauran antara barat dan timur yang meleleh di mulut anda.

Chugoku – Maple Leaf Manju

maple leaf manju
Sumber : http://www.tofugu.com/

Chugoku dikenal dengan pemandangan daun-daun berguguran yang spektakuler. Tidak heran jika kemudian, salah satu dessert khas dari daerah ini mengambil bentuk daun maple untuk ditiru.

Maple leaf manju atau lebih dikenal dengan nama momiji manju merupakan variasi lain dari kue mochi. Bedanya, momiji manju biasanya digoreng atau dipanggang. Isi dari momiji manju beragam dari kacang merah, cokelat, custard, dan buah-buahan.

Shikoku – Sudachi

sudachi
Sumber : http://www.tofugu.com/

Shikoku yang merupakan pulau terkecil dari 4 pulau utama Jepang, merupakan daerah penghasil sudachi, sejenis buah citrus yang mirip dengan lemon atau jeruk nipis. Anda bisa menikmati sudachi bersama dengan berbagai kombinasi bahan seperti mochi, kacang merah, gelatin, mousse, atau es krim.

Kyushu – Sweet Potato

sweet potato
Sumber : http://www.tofugu.com/

Sweet potato atau ubi manis yang paling terkenal di Jepang bisa anda nikmati di Kyushu. Selain digoreng atau dibakar, Japanese Sweet Potato juga digunakan dalam berbagai masakan seperti salad atau stew.

Sebagai dessert, sweet potato bisa anda temukan dalam bentuk ikinari dango (dango dengan isi sweet potato dan pasta kacang merah) dan honey sweet potato (sweet potato yang dimasak bersama dengan gula atau madu kemudian digoreng).

Leave a Reply