8 Makanan Penuh Keberuntungan saat Imlek

jeruk mandarin
Sumber : www.intracorp.ca

Apakah anda pernah memperhatikan kalau ada makanan-makanan tertentu yang selalu disajikan selama perayaan tahun baru lunar atau imlek? Beberapa makanan tersebut dipercaya memiliki arti khusus yang dapat memberikan keberuntungan dan kesehatan bagi mereka yang memakannya selama imlek.

Ikan

Ikan yang disajikan harus dalam kondisi utuh, lengkap dari kepala hingga ekor. Ikan melambangkan rezeki yang berlimbah ruah dan keberuntungan sepanjang tahun.

Mie panjang umur

Disebut mie panjang umur karena mie yang dipergunakan biasanya diusahakan sepanjang mungkin/tidak dipotong. Karena melambangkan umur yang panjang, maka semakin panjang mie yang dimakan semakin baik.

Jeruk mandarin

Jeruk menggambarkan keberuntungan dan kemakmuran. Warna orange dari jeruk mandarin dianggap mirip dengan warna emas yang berarti kemakmuran dan rezeki sepanjang tahun.

Jeruk yang masih memiliki daun dipercaya lebih baik karena melambangkan umur yang panjang. Ketika mengunjungi sanak saudara, akan sangat baik membawakan mereka jeruk mandarin dalam jumlah genap (kecuali 4 karena pelafalan angka 4 mirip dengan kata mati).

Kue bakul

Kue bakul sangat populer selama perayaan tahun baru sebagai sajian pencuci mulut. Rasa manis kue bakul melambangkan kekayaan dan kemakmuran selama setahun penuh dan bentuknya yang bulat menyimbolkan keluarga yang berkumpul bersama.

Dalam penyajian, biasanya kue bakul dipotong tipis dan digoreng dalam adonan tepung yang bercampur dengan telur atau dikukus bersama dengan parutan kelapa muda.

Pangsit

Memakan pangsit saat perayaan imlek diyakini dapat memberi kita kekayaan dan kemakmuran karena bentuk dan warna pangsit mirip dengan batangan uang logam yang digunakan pada masa China kuno.

Pangsit dibuat dari adonan yang dalamnya diisi dengan daging dan sayur (kol). Kadang-kadang ada yang menambahkan uang koin di salah satu pangsit dan orang yang mendapatkan pangsit tersebut akan beruntung dalam hal keuangan.

Lumpia

Bentuk lumpia yang memanjang menyerupai batangan emas menyimbolkan kekayaan dan kesuburan dalam rumah tangga.

Rumput laut

Rumput laut hitam (dalam bahasa Kanton disebut fat choi yang artinya menjadi kaya) disajikan bersama dengan jamur dan tiram.

Yusheng

Yusheng adalah hidangan yang terbuat dari irisan ikan mentah dicampur dengan irisan berbagai jenis sayuran, saus dan bumbu, serta pelengkap seperti kacang cincang dan kerupuk.

Untuk menikmati yusheng, semua orang akan berkumpul mengelilingi meja lalu mencampurkan bahan-bahan yusheng dengan sumpit yang diangkat tinggi-tinggi. Yusheng menyimbolkan kelimpahan, kemakmuran, dan nasib baik.

Leave a Reply