Apa Tipe Kulit Anda?

jenis kulit
Sumber : www.entwellbeing.com.au

Mengetahui tipe kulit anda sendiri sangat penting karena hal tersebut akan membantu anda dalam memilih produk perawatan yang lebih tepat. Secara umum, ada 5 jenis tipe kulit, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

Untuk menentukan tipe kulit anda, sapukan tisu bersih pada wajah anda ketika anda baru saja bangun tidur.

1. Normal

Jika anda memiliki jenis kulit normal, maka tisu anda tidak akan menunjukkan noda minyak sama sekali.

Tipe ini adalah tipe kulit yang paling mudah diurus karena mereka yang memiliki jenis kulit ini biasanya tidak banyak memiliki masalah kesehatan kulit pada wajah.

2. Kering

Jika kulit anda adalah tipe kering, tisu wajah anda tidak akan mengandung minyak namun kulit anda akan terasa kering dan bersisik setelah anda menggunakan tisu untuk membersihkan wajah.

Kulit jenis kering biasanya mudah sekali berkeriput dan berubah warna (warna kulit berubah menjadi kusam) serta rentan terhadap penuaan diri. Untuk itu, anda sebaiknya menggunakan pelembap wajah.

3. Berminyak

Jika anda memiliki kulit yang berminyak, tisu akan dipenuhi noda minyak, terutama ketika tisu menyapu area pipi, hidung, dan kening. Tipe kulit ini sangat mudah mengalami gangguan kulit seperti jerawat dan pori-pori membesar.

Berita baiknya adalah, kulit berminyak membuat tekstur wajah tetap lembab sehingga tidak mudah keriput dan mengalami penuaan dini. Untuk perawatan, hindari krim wajah yang mengandung air terlalu banyak dan kurangi konsumsi karbohidrat.

4. Kombinasi

Tipe kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang memiliki karateristik kulit berminyak di beberapa bagian dan kering di bagian lainnya. Tisu akan tetap bersih saat membersihkan area pipi namun berminyak saat menyapu area kening dan hidung.

Untuk kulit jenis ini, anda harus menggunakan 2 produk yang berbeda pada wajah. Area kering pada pipi dan sekitar mata harus dirawat dengan pelembap sedangkan untuk kening dan hidung yang berminyak harus lebih sering dibersihkan dengan sabun pencuci muka.

5. Sensitif

Jenis kulit sensitif biasanya sangat kering dan mudah iritasi. Masalah yang paling sering ditemui pada tipe kulit ini adalah wajah sering kali bersisik, kemerahan, lalu gatal-gatal. Jika memiliki kulit jenis ini, maka anda harus memilih pelembap yang tidak mengandung bahan merkuri karena bia membuat iritasi semakin parah.

Leave a Reply