Asal Mula Tradisi Melempar Buket Bunga

buket pernikahan
Sumber : mydeejay.com

Di Eropa dan Amerika Utara, merupakan sebuah kebiasaan bagi seorang pengantin untuk melemparkan karangan bunganya kepada wanita-wanita yang masih single. Wanita yang berhasil menangkapnya dipercaya akan menjadi orang yang menikah berikutnya.

Gaun pengantin dipercaya membawa keberuntungan dalam perjodohan jika anda berhasil mendapatkan sepotong bagian darinya. Oleh karena itu, para wanita akan berlomba-lomba mengejar pengantin dan mengoyak bagian dari gaunnya untuk disimpan pada masa lalu. Karena biasanya gaun pengantin hanya dikenakan sekali, maka hal ini tidak menjadi masalah.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, harga gaun pengantin menjadi semakin mahal. Selain itu, banyak orang memilih untuk menyimpannya sebagai kenang-kenangan atau mewariskannya kepada putrinya kelak.

Untuk mencegah para wanita mengoyak gaunnya, pengantin pun melemparkan karangan bunganya sebagai pengalih perhatian. Pemilihan bunga dianggap sangat tepat karena bunga melambangkan kesuburan dan karena bunga merupakan benda yang dapat layu/rusak, maka tidak semua orang berpikir untuk menyimpannya.

Leave a Reply