Barang-barang yang Harus Diganti Secara Berkala

sikat gigi
Sumber : en.wikipedia.org

Menggunakan sesuatu hingga habis adalah keputusan yang bijak, namun sayangnya ada beberapa benda yang harus anda ganti secara berkala walaupun belum habis dipakai.

Sikat gigi

Menurut American Dental Association, mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali adalah keharusan. Hal ini dikarenakan bulu sikat yang terlalu lama tidak akan efektif lai membersihkan gigi. Selain itu, sikat gigi yang terlalu lama akan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri.

Makeup

Makeup yang sudah terlalu lama dibeli sebaiknya tidak digunakan lagi karena bisa saja membuat kulit iritasi dan mengakibatkan infeksi.

Beberapa standarisasi masa penggunaan misalnya maskara dan foundation dapat bertahan 1 tahun; eye shadow, eyeliner, lipstik, dan lip gloss 18 bulan.

Case contact lens

Anda harus membeli dan mengganti case penyimpanan contact lens anda minimal 3 bulan sekali untuk mengurangi resiko infeksi.

Spons cuci piring

Studi dari Universitas Arizona menemukan sebuah spons cuci piring memiliki kuman 200.000 lebih banyak daripada dudukan toilet.

Normalnya, orang mengganti spons mereka 2-4 minggu sekali tergantung kepada frekuensi penggunaan. Satu hal yang perlu diingat adalah membersihkan spons anda setelah dipakai dan mengeringkannya. Spons yang kering jauh lebih higienis daripada spons basah.

Bantal

Bantal-bantal yang telah lama digunakan akan dipenuhi bakteri, serangga bantal, dan sel-sel kulit mati. Bantal yang sudah kehilangan bentuk dan membuat leher anda sakit menandakan bahwa mereka harus diganti.

Sunscreen

Masa pakai sunscreen biasanya berkisar 2-3 tahun, namun anda bisa menggantinya setahun sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Sunscreen yang terlalu lama kadang-kadang tidak lagi efektif menjaga kulit anda dari sinar UV.

Leave a Reply