Bastoy – Penjara yang Membuat Anda Serasa Liburan

Pulau Bastoy yang terletak 75 km dari garis pantai Oslo di Norwegia dulunya merupakan sebuah pusat penahanan remaja. Para tahanan di tempat ini dididik dengan metode militer yang keras untuk menghukum kesalahan yang mereka buat.

Tempat ini kemudian diambil alih oleh pemerintah pada tahun 1953 dan ditutup secara permanen pada tahun 1970. Kini, tempat ini dibuka kembali dengan metode baru yang membuat para tahanan merasa bahagia dan bersyukur pernah masuk ke penjara di pulau Bastoy.

Di penjara Bastoy, para tahanan sama sekali tidak mengalami kekerasan maupun kedisiplinan militer seperti yang biasa mereka terima di penjara lainnya. Sebaliknya, mereka diberi kebebasan untuk melakukan berbagai hal, termasuk bersenang-senang.

Penjara ini tidak menggunakan kawat berduri, pagar listrik maupun penjaga bersenjata untuk menjaga tahanan. Para tahanan ditempatkan dalam rumah-rumah kayu kecil dan diberi tugas beternak, bertani, dan memotong kayu.

Sebagai hiburan, mereka bisa berjemur, memancing, berkuda, sauna, dan bermaiun tenis. Makanan yang ditawarkan juga jauh lebih mewah, seperti bakso ikan, udang, ikan, hingga salmon. Tidak heran jika penjara ini kemudian disebut sebagai surga liburan bagi tahanan.

Tahanan di Bastoy diwajibkan untuk bekerja dan sekolah (dibekali dengan keahlian) setiap harinya. Mereka juga menyiapkan sarapan dan makan malam mereka sendiri. Setiap tahanan diberikan $10 sebagai gaji setiap harinya. Mereka juga ditunjang dengan uang makan untuk membeli bahan makanan di mini market pulau.

Walaupun sempat menimbulkan protes dari kalangan masyarakat yang menilai semua fasilitas Bastoy terlalu banyak dan lunak terhadap kriminal, namun terbukti metode halus ini bekerja dengan baik. Rata-rata kriminal yang pernah masuk ke sini jarang kembali ke penjara.

Penjara ini memang bertujuan mengubah pola pikir para tahanan agar mereka bisa berubah dari dalam dan berpikir untuk memulai hidup baru. Para lulusan dari penjara Bastoy sekarang rata-rata menjadi peternak, petani, koki, penjaga toko, tukang kayu, mekanik, dan operator kapal.

penjara Bastoy

penjara Bastoy

penjara Bastoy

penjara Bastoy

penjara Bastoy

penjara Bastoy

Leave a Reply