Bicimaquinas -Teknologi Sepeda di Guatemala

Di Guatemala, sepeda bukan hanyalah sekedar alat untuk berolahraga atau berjalan-jalan mengelilingi kota dengan santai. Sepeda bagi rakyat Guatemala merupakan solusi dari banyak hal, mulai dari membantu mereka memproses makanan hingga alat untuk membuat sabun.

Maya Pedal, sebuah perusahaan non-profit di San Adres Itzapa merupakan pihak yang paling berperan dalam teknologi tidak biasa ini. Berdiri pada tahun 1997, Maya Pedal berkolaborasi dengan organisasi Kanada dan Carlos Marroquin untuk menggunakan bagian tertentu dari sepeda dan mengubahkan menjadi sesuatu yang baru.

Meskipun memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun penemuan dengan bahan utama sepeda ini selalu disebut dengan “bicimaquinas” oleh penduduk lokal. Dengan harga sekitar $40, bicimaquinas menjadi penemuan yang sangat populer.

Setiap bicimaquinas dibuat dengan menggabungkan beberapa bagian sepeda, kayu, dan besi. Walaupun awalnya sempat ditolak oleh penduduk karena mereka ragu akan fungsinya, namun bicimaquinas kini menjadi benda yang bisa anda temukan dengan mudah dimana saja di Guatemala.

Penggiling dan blender adalah contoh dari bicimaquinas yang paling sering dibeli. Penggiling sepeda ini bisa digunakan untuk menggiling gandum, jagung, kedelai, dan kopi. Mesin ini bisa dioperasikan dengan tenaga mengayuh.

Selain 2 bicimaquinas ini, ada juga mesin pompa air, mesin pemecah kulit kacang, mesin cuci, generator, dan mesin pompa. Banyak penduduk bahkan membeli bicimaquinas untuk menghasilkan uang sampingan, seperti menggunakan blender untuk berjualan jus di stadium olahraga.

bicimaquinas
Sumber : http://www.odditycentral.com/
bicimaquinas
Sumber : http://www.odditycentral.com/
bicimaquinas
Sumber : http://www.odditycentral.com/
bicimaquinas
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Leave a Reply