Boneka Okiku – Boneka yang Rambutnya Terus Tumbuh

boneka okiku
Sumber : http://pinktentacle.com/

Boneka merupakan mainan anak perempuan yang paling dicari-cari sejak dulu. Rata-rata kaum hawa, baik anak-anak maupun dewasa pasti menyukai boneka. Namun, selain cantik dan lucu, ada juga boneka yang memiliki kisah khusus yang penuh misteri. Salah satu yang paling terkenal adalah boneka Okiku, yakni sebuah boneka anak perempuan yang memakai kimono lengkap.

Legenda boneka Okiku sangat terkenal di Jepang karena keanehan yang dimiliki boneka ini. Tidak seperti boneka lain yang merupakan benda mati semata, rambut boneka Okiku dapat tumbuh secara terus-menerus tanpa penyebab yang jelas.

Konon, boneka ini dibeli oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki untuk adik perempuannya yang berusia 2 tahun. Nama adik perempuannya adalah Okiku Suzuki. Okiku yang menerima oleh-oleh boneka sangat senang dan memainkan bonekanya setiap hari. Namun, pada tahun berikutnya secara tiba-tiba Okiku sakit parah dan meninggal. Keluarganya kemudian meletakkan boneka ini di altar untuk mengenang Okiku.

Selang beberapa waktu kemudian, terjadi hal yang aneh pada boneka tersebut. Rambutnya mulai tumbuh sepanjang 25 cm hingga menyentuh lutut boneka. Keluarga Okiku yang melihat hal itu segera membawa boneka ke kuil dan salah seorang biksu di kuil memotong rambut boneka tersebut. Keanehan kembali muncul ketika rambut boneka kembali tumbuh.

Pihak keluarga Okiku kemudian memutuskan untuk menaruh boneka tersebut di kuil karena dianggap memiliki kekuatan. Apalagi ternyata setelah diteliti, rambut yang tumbuh pada boneka adalah rambut anak perempuan, hal inilah yang membuat boneka misterius tersebut dikenal dengan nama boneka Okiku, boneka yang dipercaya telah dimasuki oleh roh Okiku.

Boneka itu diletakkan dalam altar khusus bersama dengan foto Okiku sejak tahun 1938 hingga sekarang. Dalam periode waktu tertentu, para biksu di kuil akan merapikan rambut boneka Okiku yang terus tumbuh. Anda bisa melihat langsung boneka Okiku di kuil Mannenji yang terletak di kota Iwanizawa prefektur Hokaido.

Leave a Reply