Danau di Colorado Menjadi Akuarium Raksasa bagi Ribuan Ikan Mas

Dalam ajaran Buddha, melepaskan hewan ke alam bebas seperti ikan, kura-kura dan burung merupakan kebajikan dan sangat disarankan. Namun, tampaknya karena mengikuti prinsip tersebut, sekarang danau Teller di Colorado menjadi dipenuhi oleh ikan mas.

Saat ini, danau Teller berisi kurang lebih 4 ribu ekor ikan mas yang membuat ekosistem danau menjadi kacau. Lantas darimana asal muasal ikan mas ini? Diperkirakan, beberapa tahun lalu ada beberapa orang yang melepaskan sejumlah ikan mas ke danau.

Kini dengan jumlah mereka yang besar, para ikan mas ini menyapu sebagian makanan yang tersedia, sehingga membuat spesies asli danau terancam dalam segi persediaan makanan. Hal ini membuat para petugas alam liar Colorado menjadi cemas bahwa suatu hari kelak spesies danau akan punah.

Untuk mencegah hal itu terjadi di masa depan, pihak pemerintah setempat harus memilih satu dari 2 solusi yang tersedia. Pertama, mereka harus mengeringkan danau sepenuhnya atau mereka bisa menggunakan teknik electrofishing dimana ikan akan disetrum dengan aliran listrik.

Ikan yang disetrum akan mengambang ke permukaan air, dan disana mereka bisa langsung dibersihkan. Daya setrum yang digunakan tidak akan membunuh ikan sehingga aman. Pada tahun 2012, teknik ini pernah dipakai di danau lain yag dipenuhi lebih daru 2 ribu ekor ikan koi.

Sumber : http://www.odditycentral.com/
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Leave a Reply