Doppelgangers – Kembaran Misterius dari Dunia Lain

doppelganger
Sumber : www.joystiq.com

Apa jadinya jika anda melihat seseorang berada pada 2 tempat yang berbeda dalam waktu bersamaan? Jika orang tersebut memiliki saudara kembar, maka tidak ada yang aneh dengan kejadian tersebut. Namun, yang menjadi masalah adalah orang yang anda lihat tidak memiliki saudara kembar atau saudara lain yang memiliki kemiripan fisik dengan dirinya.

Fenomena mistis ini dikenal dengan nama Doppelgangers (dalam bahasa Jerman, Doppelganger dapat diartikan sebagai Double Walker). Doppelganger digambarkan sebagai bayangan dari diri seseorang yang masih hidup dengan tingkat kemiripan persis sama sehingga anda tidak bisa membedakannya.

Dalam legenda kuno, banyak orang percaya jika melihat Doppelganger dirinya sendiri, maka orang tersebut akan segera meninggal atau mengalami kemalangan. Namun, biasanya Doppelganger dilihat oleh keluarga, teman, atau orang lain sehingga hal ini seringkali menimbulkan kebingungan atau kepanikan kepada orang yang melihat.

Doppelganger tidak hanya meniru penampilan fisik seseorang, namun juga suara, ekspresi, bahasa tubuh dan kebiasaan orang yang bersangkutan. Kebanyakan penampakan Doppelganger terjadi lebih dulu dibandingkan orang yang ditirunya. Sehingga ketika bertemu dengan orang yang sesungguhnya, kita akan merasa bingung dan bertanya-tanya akan siapa yang kita temui sebelumnya.

Salah satu kisah penampakan Doppelganger yang paling banyak diingat terjadi pada Emilie Sagée. Emilie adalah seorang wanita berkebangsaan Prancis yang mengajar di Pensionat von Neuwelcke, sebuah sekolah elit khusus perempuan di Latvia.

Pada suatu hari, ketika sedang menulis di papan tulis, tiba-tiba saja Doppelganger Emilie muncul di belakangnya dan meniru setiap gerakan Emilie, kecuali dia tidak memegang kapur. Penampakan ini terjadi di depan 13 murid yang sedang berada di dalam kelas.

Kejadian serupa kembali terjadi pada saat Emilie sedang makan di kantin sekolah. Doppelganger kembali muncul di belakangnya sambil meniru gerakan Emilie. Para murid juga beberapa kali melihat guru mereka berada di 2 lokasi di sekolah pada waktu yang bersamaan.

Penampakan Doppelganger Emilie kembali terjadi pada saat pelajaran menjahit. Para murid yang duduk di kelas melihat dengan jelas Emilie sedang berada di kebun sekolah dan mengurus bunga. Seorang guru pengganti ditugaskan untuk mengawasi murid-murid ini.

Ketika guru pengganti dipanggil oleh kepala sekolah dan meninggalkan ruangan kelas, tiba-tiba saja Doppelganger Emilie muncul dan duduk diam di meja guru tanpa bergerak sama sekali. Peristiwa ini disaksikan oleh 42 murid dimana mereka bisa melihat Emilie berada di kebun sekolah pada waktu yang sama melalui jendela kelas.

Dua orang murid kemudian mencoba menghampiri Doppelganger Emilie, menyentuhnya, dan merasakan suatu penolakan di udara sekeliling Doppelganger. Salah satu murid bahkan coba melangkah menembus Doppelganger yang tetap tidak bergerak dan menghilang perlahan-lahan tidak lama kemudian.

Selain Emilie Sagée, ratusan penampakan Doppelganger juga dilaporkan dari berbagai lokasi yang berbeda. Seorang pria mengatakan dia melihat temannya temannya datang dan berbicara di luar dengan seseorang. Namun, temannya baru benar-benar datang 5 menit kemudian dan mengulang setiap kalimat yang dia dengar 5 menit sebelumnya.

Seorang wanita juga menyaksikan lewat jendela rumah, suaminya pulang diantar oleh 2 orang rekan kerjanya. Dia kemudian membuka pintu untuk suaminya namun tidak menemukan kendaraaan mau pun orang di halaman rumahnya.
Suaminya pulang beberapa jam kemudian dan ketika dia menceritakan hal tersebut, suaminya mengatakan dia masih berada di jalan pada waktu kejadian dengan jarak tempuh minimal 4 jam sebelum sampai di rumah.

Leave a Reply