Down Cafe – Kami hanya Mempekerjakan Staf dengan Down Sindrom

Sebuah cafe di Turki memiliki syarat khusus yang tidak biasa dalam menyeleksi para stafnya. Cafe yang bernama Down Cafe ini “hanya” mempekerjakan staf berusia 18-25 tahun dan penderita Down Sindrom. Tujuannya tidak lain adalah memberdayakan mereka dengan rasa kepercayaan diri dan kemandirian.

Saruhan Singen, pemilik Down Cafe terinspirasi mendirikan cafe ini beranjak dari pengalamannya mengasuh putrinya yang juga seorang penderita Down Sindrom. Sezil, putrinya juga bekerja di cafe tersebut dan terlihat bahagia karena memiliki banyak teman yang memiliki kekurangan serupa.

Awalnya, menurut Saruhan, banyak orang yang ragu untuk bersantap di cafe miliknya. Namun beberapa orang dengan mantap melangkah masuk dan memuji usaha Saruhan untuk memberikan pekerjaan bagi para anak-anak malang tersebut.

Perlahan namun pasti, tamu-tamu yang datang ke Down Cafe semakin banyak, terutama setelah banyak publikasi di media cetak yang menyorot keunikan dari cafe ini. Down Cafe juga menolong para penderita Down Sindrom untuk bersosilisasi dan berteman dengan masyarakat secara lebih luas.

Kini, semakin banyak pihak yang mendukung Down Cafe. Mulai dari ibu-ibu sukarelawan yang membantu di dapur hingga Sisli Municipality membayar tagihan. Cafe dibuka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 5 sore dengan kapasitas 40 tamu.

Down Cafe
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Leave a Reply