Gadis 16 Tahun Menciptakan Senter Bertenaga Hangat Tubuh

Ann Makosinski
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Ann Makosinski dari Kanada baru berusia 16 tahun, namun telah berhasil menciptakan penemuan hebat, sebuah senter dengan sumber energi hangat tubuh manusia. Untuk menghidupkan senter buatan Ann, anda hanya perlu memegang senter dengan kedua tangan telapak dengan erat.

Penemuannya ini membuat Ann memenangkan hadiah kedua pada Science Fair di kotanya dan menjadi finalis di 2013 Google Science Fair. Pada tahun 2014, Ann juga membuat versi tanpa pegangan yang membuatnya memenangkan 2014 Weston Youth Innovation Award.

Ann, yang merupakan blasteran Kanada-Filipina mendapatkan idenya dari teman-temannya yang tinggal di Filipina. Seperti negara berkembang lainnya, masih ada sejumlah daerah di Filipina belum terbangun secara total. Di lokasi dimana teman Ann tinggal, mereka bahkan belum memiliki listrik.

Ann Makosinski
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Kondisi tersebut membuat mereka tidak bisa belajar atau mengerjakan tugas sekolah di malam hari. Hal ini membuat Ann berpikir alangkah baiknya jika dia bisa menyediakan sumber energi alternatif untuk teman-temannya yang kurang beruntung.

Rahasia di balik penemuan Ann adalah teknologi thermoelektrik dan alat bernama Peltier tiles. Tubuh manusia menghasilkan panas secara alami dan dengan berjalan misalnya, manusia sanggup menghasilkan energi untuk menghidupkan lampu 100 volt.

Ann memberi nama “Hollow” untuk senter ciptaannya karena senter tersebut memiliki tube aluminium berongga pada bagian intinya yang berfungsi untuk mendinginkan Peltier tile di sisi lain.

Ann Makosinski
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Ketika pertama kali menunjukkan prototype senternya kepada kedua orang tuanya, mereka agak terkejut. Keduanya sama sekali tidak menyangka bahwa putri mereka berhasil menciptakan senter tanpa batere.

Guru biologi Ann sendiri, Kate Paine, mengetahui secara jelas senter buatan Ann dan menyarankannya untuk mengirimkan prototype tersebut ke Google Science Fair. Walaupun menyukai ciptaan Ann, Kate tidak pernah berpikir Ann akan menang mengingat banyaknya pesaing dari berbagai negara.

Beberapa bulan kemudian, nama Ann pun keluar sebagai finalis pada grup usianya. Dia kemudian mendapat kesempatan untuk datang ke kantor pusat Google di Mountain View, California. Disana, Ann dinyatakan sebagai pemenang dan menerima beasiswa sebesar Rp. 250 juta.

Leave a Reply