Hari-hari Penting Selama Imlek

festival lampion
Sumber : forum.xcitefun.net

Perayaan tahun baru imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghua. Perayaan imlek dimulai sejak hari pertama bulan pertama penanggalan Tionghua dan berakhir pada hari ke-15 (Cap Go Meh), sehingga menjadikan imlek sebagai perayaan terbesar dan terlama dalam penanggalan China.

Beberapa hari tertentu dalam imlek memiliki arti khusus dan berbeda dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Hari ke-1

Perayaan imlek hari pertama dimulai sejak tengah malam untuk menyambut para dewa langit dan bumi. Kembang api akan diluncurkan sebanyak-banyaknya karena dipercaya suaranya dapat mengusir roh-roh jahat.

Banyak orang, terutama umat Buddha akan puasa makan daging pada hari pertama karena mereka percaya umur mereka akan diperpanjang. Penggunaan kompor gas dan pisau dianggap membawa kesialan sehingga makanan harus dimasak pada hari sebelumnya.

Hari pertama imlek juga menjadi hari dimana keluarga akan berkunjung ke rumah kerabat yang lebih tua untuk menghormati mereka, seperti orang tua, dan kakek nenek. Anak-anak biasanya diberikan angpao (amplop berisi uang) untuk mendoakan mereka keberuntungan di tahun tersebut.

Hari ke-2

Hari kedua disebut dengan kāinián atau awal dari tahun yang baru. Para perempuan yang telah menikah akan mengunjungi orang tua mereka pada hari ini (dalam tradisi kuno China, anak perempuan yeng telah menikah tidak diperkenankan pulang ke rumah orang tuanya terlalu sering).

Hari ke-3

Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan akan membakar kertas persembahan di rumah masing-masing. Hari ini dianggap tidak baik untuk menerima tamu atau pun berkunjung ke rumah orang lain.

Hari ke-7

Hari ketujuh atau Rénrì adalah hari dimana setiap orang bertambah tua 1 tahun. Bagi para umat Buddha, hari ketujuh juga merupakan hari dimana mereka ber-vegetarian untuk memperingati hari kelahiran Sakra (kaisar langit).

Hari ke-8

Saat tengah malam hari ke-8, masyarakat dari suku Hokkien akan menyiapkan ritual khusus untuk kaisar langit. Dupa akan dibakar dan berbagai makanan akan dihidangkan kepada kaisar langit dan dewa dapur.

Hari ke-9

Sebuah legenda kuno mengisahkan bahwa suku Hokkien di China selamat dari pembantaian tentara Jepang dengan bersembunyi di antara tanaman tebu pada hari ke-8 dan ke-9 tahun baru lunar, yang bertepatan dengan ulang tahun kaisar langit.

Sebagai bentuk penghormatan mereka, suku Hokkien mempersembahkan tebu kepada kaisar langit. Bagi umat Hokkien, hari ke-9 merupakan hari yang paling penting selama tahun baru lunar melebihi hari pertama.

Hari ke-13

Pada hari ke-13, orang-orang akan oergi ke kuil untuk menyembahyangi Guan Yu, dewa perang dalam legenda China yang hidup pada masa dinasti Han. Guan Yu melambangkan kesetiaan, kekuatan, kejujuran, dan keadilan.

Hari ke-15

Pada hari ke-15 tahun baru lunar atau Cap Go Meh, orang-orang akan merayakan Festival Lampion dengan membawa lampion berisi lampu ke jalan-jalan. Di hari ini juga, sup bola-bola ketan akan dihidangkan kepada keluarga.

Leave a Reply