Hay-on-Wye : The Town of Books

Hay-on-Wye sebenarnya hanya sebuah kota kecil yang terletak di dekat sungai Wye di Wales, Inggris. Namun, karena banyaknya pecinta dan kolektor buku di kota ini, Hay-on-Wye dikenal sebagai Kota Buku.

Setiap tahunnya, Hay-on-Wye bahkan menyelenggarakan Hay Literature Festival dimana lebih dari 80 ribu penulis, penerbit, dan pecinta literatur dari seluruh dunia berkumpul di kota ini.

Kegiatan ini telah dimulai sejak tahun 1961 dan diprakarsai oleh Richard Booth. Richard pada waktu itu membuka toko buku bekas di sebuah stasiun tua. Dia kemudian mendatangkan buku dari Amerika dan menjualnya di tokonya.

Pelan-pelan, penduduk lain mengikuti jejaknya dan toko-toko buku lain mulai bermunculan di setiap sudut kota. Kini, setiap tahunnya Hay-on-Wye dikunjungi lebih dari 500 ribu turis setiap tahunnya.

Satu hal yang menarik di kota ini adalah anda bisa menemukan sejumlah toko buku yang disebut dengan “Honesty Bookshops”. Disini, semua buku diletakkan dalam rak dinding tanpa penjaga. Jika ada buku yang anda suka, anda hanya perlu mengambilnya dan menaruh uang di tempat yang telah disediakan.

Honesty Bookshops ini membuat pengunjung bebas memilih buku selama yang mereka mau tanpa merasa segan. Namun, disaat yang sama, toko buku unik ini juga menguji kadar kejujuran setiap orang.

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

hay-on-wye

Leave a Reply