Hidangan Khas Prancis

Prancis terkenal dengan menunya yang mewah dan disajikan dalam penampilan yang indah. Hidangan apa saja yang menjadi andalan para koki Prancis?

Escargot

Escargot
Sumber : thedish.restaurant.com

Escargot adalah hidangan yang terbuat dari siput berukuran besar dan dimasak dengan mentega, bawang putih, kaldu ayam, dan wine. Sebelum dimasak, siput akan dikeluarkan dari cangkangnya terlebih dahulu dan dimasukkan kembali setelah selesai diolah.

Saat disajikan, garpu dan alat penjepit akan disediakan untuk membantu anda mengeluarkan siput dari dalam cangkang.

Fromage

Fromage
Sumber : un-mot-de.over-blog.com

Fromage adalah bahasa Prancis untuk keju. Di Prancis, ada ratusan jenis keju dengan rasa yang berbeda-beda sehingga mencicipinya akan memberikan pemahaman lebih jauh tentang rasa keju.

Bouillabaisse

Bouillabaisse
Sumber : www.taste.com.au

Bouillabaisse adalah sup seafood dengan cita rasa pedas. Walaupun biasanya seafood yang dipakai adalah berbagai jenis ikan dan kerang, namun makanan laut seperti udang, lobster, gurita, dan teripang kadang-kadang juga ditambahkan.

Foie gras

Foie gras
Sumber : www.mirror.co.uk

Foie gras adalah hidangan terkenal Prancis dengan menggunakan hati angsa yang diolah dengan trik khusus. Angsa yang hatinya akan digunakan akan digemukkan sedemikian rupa agar hatinya diselimuti oleh lemak.

Boeuf bourguignon

Boeuf bourguignon
Sumber : www.howdoyousaythatword.com

Boeuf bourguignon merupakan hidangan asli dari Burgundy. Nama menu ini sendiri bisa diartikan dengan beef stew atau semur daging sapi. Daging sapi yang digunakan dalam hidangan ini adalah daging sapi tenderloin yang sangat empuk dan tidak memiliki lemak.

Awalnya, daging akan direbus dalam red wine hingga lunak, kemudian bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang bombai, jamur, dan thyme akan ditambahkan menjelang akhir proses memasak.

Ratatouille

Ratatouille
Sumber : johnrieber.com

Hidangan yang menjadi judul salah satu film animasi ini biasanya disajikan sebagai side dish, namun kadang-kadang dijadikan main dish bersama dengan pasta atau roti.

Ratatouille merupakan hidangan beragam sayuran yang ditumis bersama-sama kemudian disiram saus dan dipanggang dalam oven. Bahan yang paling sering digunakan antaranya terong, zucchini, wortel, paprika, bawang putih, bombai, kemangi, bay leaf, dan thyme.

Leave a Reply