Jangan Masukkan 10 Makanan ini ke Dalam Kulkas

makanan dalam kulkas
Sumber : food.ninemsn.com.au

Jika ada beberapa jenis makanan tertentu yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas untuk memperpanjang masa pakainya, maka ada juga makanan yang justru sebaliknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

Berikut adalah bahan makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas:

Pisang

Buah pisang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas karena ketika dikeluarkan dan dibiarkan di ruang terbuka, kulit buah pisang akan dengan mudah berubah menjadi kecoklatan.

Alpukat

Alpukat yang belum matang sempurna jika dimasukkan ke dalam kulkas, proses pematangannya akan berjalan sangat lambat dan susah matang. Hanya alpukat yang telah benar-benar matang yang boleh dimasukkan ke dalam kulkas.

Mangga

Seperti halnya alpukat, mangga yang belum matang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena dapat membuat kulitnya mengkerut dan daging buahnya menipis, sehingga mengurangi kelezatan rasanya.

Semangka

Walau dapat membuat rasanya semakin segar, memasukkan semangka ke dalam kulkas ternyata kurang baik. Semangka yang dibiarkan dalam suhu ruangan akan memiliki kadar likopen 40 persen lebih tinggi daripada disimpan di dalam lemari es.

Tomat

Suhu dingin di dalam kulkas akan membuat tomat menjadi susut dan kurang segar. Walaupun masih bisa digunakan untuk memasak, namun tidak akan segar untuk dimakan langsung. Penyimpanan terbaik adalah meletakkannya di meja dapur yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Umbi-umbian

Jenis umbi-umbian seperti kentang, ubi, dan singkong cocok disimpan di tenpat yang gelap dan bersuhu dingin. Sayangnya, suhu di dalam kulkas terlalu dingin sehingga menyimpan umbi-umbian di dalam kulkas akan mengubah zat tepungnya menjadi gula. Hal ini dapat memengaruhi rasa, tekstur, dan proses kematangannya.

Bawang

Baik bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombai sebaiknya diletakkan di ruang terbuka. Bahan-bahan ini membutuhkan lingkungan yang tidak terlalu lembap dan tidak terlalu kering sehingga wadah tanpa tutup merupakan lokasi penyimpanan paling cocok.

Kopi

Meletakkan kopi di lemari pendingin bisa menyebabkan pengembunan dan mempengaruhi aroma serta rasa kopi. Untuk menjaga rasa kopi agar tetap nikmat, simpanlah kopi pada toples yang kering dan rapat lalu simpan dalam suhu kamar.

Saus botolan

Memasukkan saus botolan yang sudah dibuka ke dalam kulkas akan menurunkan kualitas rasa saus dan membuatnya sulit dikeluarkan dari wadah. Karena saus diolah secara khusus, akan walaupun dibiarkan dalam suhu ruangan, saus tetap akan bertahan beberapa bulan.

Roti

Suhu kulkas menyebabkan roti mengering lebih cepat. Lebih baik disimpan di dapur dengan suhu ruangan. Bila masih tersisa setelah empat hari, maka bekukan di dalam kulkas.

Leave a Reply