Kafe Museum Perang Dunia II

soldatenkaffee
Sumber : www.ibtimes.com

Perang Dunia II yang berlangsung tahun 1939-1945 dimulai dengan penyerangan Jerman atas Polandia dan pernyataan perang dari Prancis dan Inggris kepada Jerman. Adolf Hitler selaku pemimpin partai Nazi menjadi salah satu tokoh yang paling diingat selama Perang Dunia II.

Sebuah kafe sekaligus museum di Bandung, Soldatenkaffee, Indonesia didirikan untuk mengenang peristiwa di masa Perang Dunia. Dengan pelayan berpakaian seragam Nazi, kafe ini terlihat sangat identik dengan tokoh Hitler dimana foto Hitler dan lambang swastika terlihat menghiasi dinding kafe.

Kemunculan kafe ini menuai banyak protes dan kemarahan dari masyarakat luas karena mereka menganggap kafe ini mendukung Hitler dan partai Nazi. Sebagaimana diketahui, Hitler bertanggung jawab atas pembunuhan massal jutaan jiwa selama perang berlangsung.

Sang pemilik, Henry Mulyana mengatakan kalau dia sama sekali bukan penggemar Hitler ataupun pengikut Nazi, melainkan hanya memiliki keterarikan kepada perlengkapan ketentaraan sejak kecil.

Untuk menenangkan publik, Henry pun menuliskan pesan di website milikinya, “Situs ini sama sekali bukan pendukung Nazi. Kami hanya mengangkat Hitler dan Nazi sebagai budaya pop dan tidak ada maksud lain. Kami, bangsa Indonesia tidak memiliki afiliasi politik”.

Akibat kehebohan ini, Soldatenkaffee memutuskan untuk tidak membuka cabang di tempat lain seperti kafe bertema Hitler yang duluan menjamur di Thailand, yaitu Hitler Fried Chicken (versi lain dari KFC).

Leave a Reply