Kembar tapi Berbeda Warna Kulit

kembar beda warna
Sumber : http://www.parentdish.co.uk/

Ini adalah salah satu kasus kembar paling unik di dunia. Bayi kembar yang berjenis kelamin perempuan ini memiliki warna kulit dan iris mata yang berbeda satu sama lain. Sesuatu yang sangat tidak biasa terjadi pada anak kembar. Remee memiliki kulit putih pucat dengan rambut pirang dan mata biru, sedangkan adik kembarnya, Kian, memiliki warna kulit yang jauh lebih gelap dengan rambut hitam dan bola mata coklat.

Putri kembar pasangan Kylee Hodgson dan Remi Horder ini memang terlahir dari pasangan berbeda ethnik. Kombinasi gen antar ras inilah yang membuat putri kembar mereka memiliki warna kulit yang berbeda. Pada awalnya, Kylee mengira bahwa seiring pertumbuhan mereka akan memiliki warna kulit yang sama. Yang terjadi justru sebaliknya, warna kulit kedua putrinya semakin kontras terhadap kembarannya.

Meskipun dokter yang menangani persalinan Kylee tidak menjelaskan bagaimana hal ini terjadi, beberapa badan kesehatan langsung merilis penyataan mengenai kasus langka ini. Pembuahan terjadi pada 2 buah sel telur pada waktu yang bersamaan sehingga masing-masing sel telur berkembang dengan sifat berbeda (tidak mempengaruhi satu sama lain). Dalam kasus Kylee, salah satu embrio mewarisi gen kulit ibu secara dominan dan embrio lainnya mewarisi gen ayah yang berkulit hitam.

Jane Denton dari Multiple Births Foundation menjelaskan, “ Ini merupakan kasus yang sangat langka dimana anak kembar memilki warna kulit yang berbeda. Tapi bukan berarti tidak mungkin ketika mereka memilki orang tua yang berbeda ras.” Warna kulit dan iris mata biasanya dipengaruhi oleh banyaknya jumlah pigmen yang dimiliki oleh seseorang. Semakin banyak kandungan pigmen pada tubuh, maka semakin gelap warna kulit dan mata yang kita miliki.

Kedua kembar ini memiliki perbedaan kepribadian seperti halnya warna kulit mereka. “Remee jauh lebih kalem sedangkan Kian selalu percaya diri dan aktif. Mereka bahkan bermain dalam kelompok anak-anak yang berbeda.” Meskipun begitu, kedua anak kembar ini sangat dekat satu sama lain dan berbagi segalanya.

Baik Remee maupun Kian tidak pernah mempermasalahkan kenapa warna kulit mereka berbeda atau mengejek satu sama lain karena perbedaan yang mereka miliki. Pasangan kembar ini merupakan contoh sempurna bahwa perbedaan bukan segalanya selama kita saling peduli satu sama lain.

Leave a Reply