Kisah Unik Ayam Tidak Berkepala

ayam tidak berkepala
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Ingat dengan Nearly Headless Nick dalam serial Harry Potter? Hantu penghuni menara Gryffindor dieksekusi mati dengan pemenggalan setelah kesalahannya kepada Lady Grieve. Namun, karena kapak yang dipakai dalam eksekusi sangat tumpul, kepala Nick tidak putus hingga kematiannya.

Kisah Nearly Headless Nick adalah cerita fiksi, dan lagipula dia pada akhirnya meninggal. Di dunia nyata sebuah kisah serupa terjadi pada seekor ayam, dan uniknya ayam tersebut hidup.

Nama ayam ajaib tersebut adalah Mike, yang kehilangan kepalanya pada tanggal 10 September 1945. Ketika itu, pemiliknya, berusaha menangkap Mike untuk dimasak menjadi makan malam.

Setelah mengejar selama beberapa waktu, akhirnya Lloyd Olsen berhasil menangkap Mike. Dengan pisaunya, Olsen segera memegang kepala Mike, namun ayam tersebut tidak mati, melainkan bergerak dengan liar.

Melihat keanehan tersebut, Olsen mengurungkan niat awalnya. Dia lalu membawa Mike ke Universitas Utah, ke hadapan para ilmuwan. Mereka terperangah melihat bagaimana seekor ayam yang telah kehilangan kepalanya masih dapat hidup.

Setelah melakukan pemeriksaan khusus terhadap Mike, mereka menjelaskan kepada Olsen rahasia yang membuat Mike tetap hidup. Sebuah gumpalan darah mencegah Mike mengalami pendarahan hingga mati setelah kepalanya ditebas kapak. Selain itu, telinga kiri dan sebagian besar batang otak Mike masih utuh sehingga membuatnya bertahan hidup.

Sistem refleksi pada ayam terpusat pada batang otak, hal ini membuat selama kondisi batang otak Mike terjaga, maka ayam ini akan terus hidup. Namun karena tidak memiliki kepala lagi (mata dan mulut), maka Mike tidak dapat mencari makanannya sendiri.

Olsen lalu merawat Mike hingga kesehatannya pulih, dan bulu-bulu sekitar lehernya tumbuh. Dengan bantuan jarum suntik, Olsen memberi Mike biji-bijian, susu, dan air. Mike, kecuali kehilangan kepalanya, hidup selayaknya ayam biasa.

Dalam waktu setengah tahun, ketenaran Mike menyebar ke segala penjuru bumi dan melakukan tur ke berbagai negara. Orang-orang membayar untuk melihat ayam legendaris ini, membuat Mike menghasilkan uang $4.500 setiap bulannya. Sayangnya, 2 tahun kemudian, Mike mati setelah Olsen tidak dapat menemukan alat tetes pada suatu malam untuk membersihkan kerongkongannya yang terbuka.

Kisah ajaib Mike membuat sejumlah orang memcoba memenggal kepala ayam mereka dengan harapan bisa memunculkan ayam tidak berkepala lainnya, namun tidak ada yang berhasil. Tubuh Mike sendiri diawetkan dan disimpan di salah satu institusi di kotanya.

Untuk mengingat kisah Mike yang unik, setiap tahunnya akan dirayakan hari “Mike, Sang Ayam Tidak Berkepala” di mana orang melakukan sejumlah lomba seperti lari ayam, lempar telur, pin kepala ayam, dan chicken bingo.

Leave a Reply