Manfaat Mandi Berendam Air Panas

mandi air panas
Sumber : www.visitmelbourneblog.com

Mandi berendam dalam air panas dipercaya membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya?

Tidur lebih nyenyak

Mandi berendam air panas akan membuat tidur anda lebih lelap di malam hari. Sebenarnya, bukan panas dari air yang membuat anda merasa ngantuk, namun temperatur rendah setelah anda keluar dari air panas yang membuat tubuh ingin cepat tidur.

Meredakan sakit pada otot

Untuk mengobati rasa sakit pada otot tubuh, ada 2 trik yang harus anda jalani. Pertama, segera basuh daerah yang sakit dengan air dingin untuk mendinginkan tubuh. Keesokan harinya, berendamlah di dalam air panas untuk membuat otot rileks.

Mengobati flu dan pilek

Jika anda menemui gejala pilek atau flu, maka uap panas adalah obat yang anda perlukan. Untuk itu, anda bisa berendam air panas sambil ditemani secangkir teh hangat.

Terapi bagi penderita diabetes

Kegiatan sederhana dengan berendam di dalam air panas dapat menjadi terapi bagi penderita diabetes. Studi menunjukkan berendam air panas akan mengurangi level insulin hingga 18% dan peningkatan aliran darah ke daerah otot.

Merelaksasikan tubuh

Selain dapat mengurangi rasa nyeri dan membuat tubuh rileks, mandi air panas juga dapat membuat sistem kekebalan meningkat, mengurangi tekanan darah dan kolestrol.

Leave a Reply