Menghilangkan Karat dengan Bahan Sederhana

menghilangkan karat
Sumber : http://www.todayshomeowner.com/

Ketika anda mendapati barang-barang anda yang terbuat dari bahan besi telah berkarat, anda biasanya memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru dengan alasan tidak layak pakai lagi. Benda yang berkarat juga biasanya ditakutkan dapat menimbulkan infeksi jika anda tergores tanpa sengaja. Jika benda yang terkena karat adalah paku-paku biasa, mungkin tidak masalah jika anda membuangnya begitu saja. Tapi bagaimana kalau yang berkarat adalah sepeda kesayangan anda atau baju baru anda? Anda bisa menggunakan campuran bahan-bahan berikut untuk menghilangkan karat pada benda-benda di rumah anda.

1. Garam dan jeruk nipis
Tamburkan garam pada benda yang berkarat, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis. Jangan ragu menggunakan perasan air jeruk nipis karena semakin banyak semakin baik. Diamkan selama 2-3 jam lalu gosok dengan sisa kulit jeruk nipis. Anda juga dapat menggunakan lemon jika tidak ada jeruk nipis.

2. Baking soda
Campur air dengan baking soda sampai membentuk krim kental, lalu oleskan pada benda yang berkarat. Gunakan sikat gigi untuk menggosok karat dan bilas dengan air dingin.

3. Cuka putih dan aluminium foil
Rendam benda yang berkarat di dalam air cuka selama beberapa jam. Keluarkan rendaman, lalu gosok kuat dengan kain yang memiliki tekstur kasar. Jika benda yang berkarat berukuran besar dan susah direndam, anda cukup menyiraminya dengan air cuka pada bagian yang berkarat dan diamkan selama beberapa waktu sebelum menggosoknya.

Anda bisa juga merendam aluminium foil pada air cuka dan menggosoknya pada benda yang berkarat. Jika anda menggunakan cuka biasa, anda perlu merendam lebih lama.

4. Kentang dan sabun cuci piring
Potong kentang menjadi 2 bagian lalu olesi bagian yang terpotong dengan sabun cuci piring, letakkan di atas benda yang berkarat selama beberapa jam. Gosok-gosok potongan kentang dan bilas dengan air dingin.

Leave a Reply