Organisasi Sosial Jepang Membersihkan Toilet Umum Sebagai Hobi

cuci toilet
Sumber : smallbitsandpieces.blogspot.com

Kebanyakan orang akan menghindari toilet umum yang identik dengan salah satu tempat umum paling kotor dan bau. Para anggota sebuah klub sosial di Jepang bernama Benjyo Soujer sebaliknya menawarkan diri membersihkan toilet-toilet tersebut dengan gratis.

Organisasi yang diciptakan lewat Facebook ini memiliki anggota 35 orang, dewasa dan anak-anak. Setiap hari Minggu pagi, mereka akan berbondong-bondong menuju toilet umum layaknya sedang melakukan tur ke pabrik atau perusahaan.

Dengan menggunakan cairan pembersih yang mereka ciptakan sendiri, para anggota klub mulai membersihkan setiap urinal dan kaskus, lalu berlanjut menggosok dinding dan lantai kamar mandi. Ketika mereka selesai, tempat tersebut sebersih hari pertamanya, bahkan mungkin lebih.

Ke-35 anggota organisasi unik ini tidak berpikir apa yang mereka lakukan merupakan bagian dari kegiatan sukarela untuk membantu pemerintah, melainkan demi mereka sendiri. Dengan melakukan aksi bersih-bersih ini, mereka mengklain menjadi lebih bersemangat dalam melakukan berbagai hal.

Mereka juga membandingkan diri mereka sebagai pelaku ritual pembersihan diri yang biasa dipraktikkan oleh para biksu Budha dalam mencari ketenangan batin. Aksi mereka ini juga secara tidak langsung ingin menangkis konsepsi masyarakat yang salah jika toilet adalah sesuatu yang sangat kotor.

Leave a Reply