Pantangan Saat Imlek

potong rambut
Sumber : news.xinhuanet.com

Saat merayakan imlek, orang-orang Tionghua punya sejumlah aturan-aturan yang wajib ditaati. Pantangan-pantangan ini dipercaya akan memberikan keberuntungan bagi yang mengikutinya dan membuat sial orang yang melanggarnya. Walaupun banyak yang menganggapnya sebagai mitos, namun sejumlah pantangan berikut tetap dijalankan dengan taat selama imlek hingga sekarang.

1. Membersihkan rumah

Seluruh bagian rumah harus dibersihkan sebelum tahun baru karena dipercaya ini sama dengan membersihkan hal-hal tidak baik pada tahun lalu. Setelah itu, semua alat-alat pembersih harus segera disimpan.

Pada hari pertama tahun baru, sangat tidak dianjurkan menyapu, karena artinya menyapu keluar hal-hal baik keluar rumah.

2. Cerita hantu

Kata-kata kasar yang menyiratkan hal-hal tidak baik tidak boleh diucapkan selama imlek. Cerita hantu juga dilarang karena menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kematian.

3. Menyelesaikan utang-piutang

Sebelum tahun baru, semua hutang-piutang harus dibayar lunas. Orang-orang juga tidak suka meminjam atau meminjamkan uang kepada orang lain pada hari ini karena orang yang melakukannya akan memiliki banyak hutang-piutang sepanjang tahun.

4. Potong rambut dan cuci rambut

Menjelang imlek, orang-orang akan berbondong-bondong ke salon untuk memitong rambut mereka. Rambut sebaiknya dipotong sebelum imlek karena rambut yang dipotong saat imlek berarti memotong keberuntungan. Mencuci rambut saat imlek juga dilarang karena berarti mencuci hal-hal baik dari diri kita.

5. Kata pertama

Kata pertama yang didengar pada hari pertama imlek akan mewakili kehidupan selama setahun penuh. Oleh sebab itu, setelah imlek resmi dimulai biasanya kalimat-kalimat yang mendoakan keberuntungan, kemakmuran, dan panjang umur akan diucapkan kepada orang lain.

6. Tidak boleh menangis

Menangis pada hari pertama imlek dianggap akan membawa kesialan sepanjang tahun pada anak yang bersangkutan. Karena itu, para orang tua biasanya tidak akan menghukum anak-anak mereka apa pun yang terjadi pada hari itu.

7. Benda tajam

Benda-benda yang memiliki ujung tajam seperti pisau dan gunting harus disimpan karena menjauhkan kita dari hal-hal baik dan membuat sial.

8. Burung

Jika pada hari pertama imlek, anda mendengar suara burung bernyanyi atau melihat burung layang-layang atau burung berwarna merah, anda akan beruntung sepanjang tahun.

Leave a Reply