Pulau ini Dihuni oleh Para Simpanse Laboratorium

Percaya atau tidak, Planet Apes benar-benar ada di dunia nyata. Sebuah pulau terpencil yang diselimuti hutan belantara di Afrika merupakan rumah bagi puluhan simpanse yang dulu merupakan objek testing laboratorium.

Tidak ada yang menyangka bahwa para simpanse ini dapat bertahan hidup setelah ditinggalkan paska penutupan medical research di pulau ini. Apalagi, sebelumnya para hewan malang ini telah menjalani berbagai test yang berbeda saat di laboratorium.

Para primata ini merupakan subjek testing di The Liberian Institute of Biomedical Research (Vilab II). Fasilitas ini menjadikan simpanse sebagai tester dalam usaha mereka mengembangkan obat berbagai penyakit, seperti Hepatitis.

Lab ini kemudian ditutup pada tahun 2000-an karena banyaknya aktivis yang menuntut hak proteksi bagi para hewan. Kini, pulau terpencil yang menajdi rumah bagi 60 ekor simpanse ini dikenal sebagai “Monkey Island” oleh penduduk lokal.

Jurnalis Amerika Kaj Larsen pun menuju pulau tersebut untuk membuktikan rumor yang beredar. Dalam kunjungan pertamanya dengan beberapa penduduk lokal, para simpanse tampak agresif dan langsung menunjukkan sikap waspada.

Kaj kemudian melakukan kunjungan keduanya bersama dengan para caretaker yang telah memantau dan merawat para simpanse sejak fasilitas ditutup. Dalam kunjungannya kali ini, para simpanse tampak jauh berbeda. Mereka menunjukkan sikap jinak dan bersahabat dengan tim yang datang.

Monkey Island

Monkey Island

Monkey Island

Monkey Island

Leave a Reply