Seorang Pria India Menanami Seluruh Isi Hutan

hutan mulai
Sumber : http://travelingforward.com/

Jika ada niat, maka tidak ada hal yang mustahil. Jadav Payeng awalnya hanya mengikuti program penghijauan yang diselenggarakan oleh departemen kehutanan daerah. Dalam program berjangka 5 tahun itu, pemerintah menetapkan target penanaman pohon untuk area seluas 200 hektar.

Lima tahun kemudian, target tercapai sesuai perencanaan dan program dibubarkan. Jadav yang ingin mendedikasikan dirinya lebih banyak bagi penghijauan tidak berhenti merawat pohon. Secara berkala dia memantau semua pohon yang telah ditanam dan menambah jumlah pohon sebanyak mungkin. Kini, hutan yang dirawat Mulai berkembang menjadi 550 hektar dan menjadi hutan terbesar di tengah sungai.

Jadav menargetkan dirinya sendiri untuk membuat hutan tersebut menjadi 1.000 hektar. Pemerintah setempat lalu mengubah nama hutan tersebut menjadi “Mulai Kathoni”, yang artinya hutan Mulai (Mulai merupakan nama yang ditujukan kepada Jadav yang artinya pria hutan). Hutan Mulai kini menjadi rumah bagi ribuan jenis pohon. Selain tanaman, terdapat 4 ekor harimau, 3 badak, 100 ekor gajah, ratusan kijang, kelinci, dan primata, dan spesies burung tak terhitung yang menghuni hutan Mulai.

Menandai kesuksesan Mulai membangun hutan seorang diri, pemerintah setempat pun merencanakan program penghijauan kembali secara berkala.

Leave a Reply