Spesies Ular Terkecil di Dunia

smallest snake

Ular yang resmi dinyatakan sebagai spesies ular terkecil di dunia ini bernama Latin Leptotyphlops carlae, dinamai dari istri peneliti penemu ular ini, Carla Ann Hass. Carla sendiri adalah herpetologist atau ahli dalam bidang spesies ular. Ular ini juga disebut Ular Benang Barbados dalam panggilan sehari-hari. Spesies ular ini memang merupakan hewan edemik pulau Barbados yang terletak di Karibia.

Ular Barbados dewasa memiliki tubuh sepanjang 4 inchi atau 10 cm, dengan bentuk tubuh yang langsing seperti spageti. Makanan utama ular Barbados adalah rayap dan larva, makanan yang tepat mengingat ukurannya yang sangat kecil. Betina pada ular ini berkembang biak dengan bertelur. Karena ukurannya, setiap kali bertelur, betina hanya sanggup membuahi 1 buah telur.

Tidak seperti jenis ular lainnya yang memiliki proporsi tubuh yang berbeda jauh pada ular muda dan dewasa. Ular Barbados hanya berkembang 2 kali lipat sejak pertama kali menetas. Bandingkan dengan ular lain yang ukurannya bias mencapai 20-30 kali lebih besar daripada ular sejenis yang baru menetas.

Meskipun bukan spesies asli yang hidup di hutan, ular Barbados membutuhkan lingkungan hidup yang gelap dan lembab untuk bertahan hidup. Hal ini dikarenakan proses adaptasi yang dilakukan oleh ular Barbados sehingga tubuhnya membutuhkan habitat yang dikenali.

Leave a Reply