Tips Membekukan Makanan

membekukan makanan
Sumber : www.newhealthguide.org

Pembekuan makanan di dalam freezer akan membantu anda memperpanjang masa penyimpanan. Ada beberapa trik sederhana yang perlu anda perhatikan agar makanan yang anda bekukan tetap bermutu tinggi.

Sebelum membekukan bahan makanan, perlu diingat untuk menggunakan bahan yang benar-benar segar dan berkualitas baik. Pada plastik atau wadah penyimpanan, tempelkan label untuk membuat tanggal penyimpanan agar anda tahu kesegaran dari bahan makanan yang disimpan.

Daging

Pisahkan daging dari tulangnya lalu cuci bersih. Potong-potong dan bagi dalam porsi sekali masak. Masukkan daging ke dalam kantung plastik atau wadah tertutup. Pastikan tidak banyak udara yang tersisa saat plastik diikat atau toples ditutup.

Ikan

Cuci dan potong ikan sejumlah yang dibutuhkan. Bungkus dengan kertas roti, aluminium foil atau lembaran plastik sebanyak dua lapis, rekatkan rapat-rapat, lalu segera bekukan.

Kaldu

Dinginkan kaldu yang telah dimasak hingga benar-benar dingin. Masukkan sesuai takaran yang dibutuhkan ke dalam kantung plastik atau cetakan es batu. Dengan cara ini, anda memiliki stok kaldu kapan pun diperlukan.

Makanan bayi

Masak makanan bayi seperti biasa, lalu haluskan dengan blender atau mesin penghalus lainnya. Simpan makanan yang telah dihaluskan ke dalam wadah yang keras dan tertutup rapat, lalu bekukan dalam freezer.

Leave a Reply