Tradisi Halloween di Sejumlah Negara

tradisi halloween
Sumber : www.wallpaperswala.com

Halloween atau Hallowe’en adalah perayaan untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal, termasuk para orang suci dan martyrs (orang yang mati dalam pelayannya terhadap agama). Di sejumlah negara barat, Halloween dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 31 Oktober dan diisi dengan pesta kostum, permainan trick or treat, Jack O’Lantern, dan kisah-kisah misteri.

Irlandia

Makanan tradional yang disajikan selama Halloween adalah “barnbrack”, sejenis kue dengan buah-buahan kering. Berbagai jenis benda yang dibungkus dengan kain kasa akan dimasukkan ke dalam adonan kue sebelum kue dipanggang.

Benda-benda ini akan memberikan ramalam masa depan kepada orang yang mendapatkannya saat memakan kue. Cincin dalam kue berarti orang tersebut akan segera menikah sedangkan jerami artinya tahun dengan penuh dengan kemakmuran.

Austria

Di Austria, beberapa orang akan meninggalkan roti, air, dan lampu di atas meja pada malam Halloween. Benda-benda ini dipercaya akan memanggil roh-roh orang yang terlah meninggal kembali ke bumi pada malam Halloween.

Belgia

Orang Belgia percaya bahwa merupakan kesialan jika bertemu dengan kucing hitam di jalan atau melihatnya memasuki rumah atau kapal. Kebiasaan lainnya adalah di malam Halloween, mereka akan menyalakan lampu untuk mengenang kerabat yang telah meninggal.

Inggris

Di beberapa daerah pedesaan, lentera dari lobak akan diletakkan di gerbang untuk melindungi penghuni rumah dari roh yang berkeliaran pada malam Halloween. Kebiasaan lainnya adalah melemparkan batu, sayur, dan kacang ke dalam api unggun untuk menakuti roh-roh jahat.

Jika batu yang dilempar ke dalam api menghilang keesokan paginya, maka orang yang melempar akan segera meninggal. Kacang yang dilempar oleh pasangan muda jika meledak saat masuk ke dalam api mengindikasikan pernikahan yang penuh pertengkaran.

Kanada

Perayaan Halloween di Kanada dimulai sejak kedatangan imigran dari Skotlandia dan Irlandia pada abad ke-18. Di Kanada, orang-orang akan mengukir labu Jack O’Lantern, melakukan trick or treat, dan menghias rumah mereka dengan labu dan batang jagung.

Republik Ceko

Pada malam Halloween, kursi-kursi akan diletakkan di dekat perapian. Jumlah kursi tergantung pada jumlah anggota keluarga yang masih hidup.

Jerman

Di Jerman, orang-orang akan menyimpan pisau di tempat yang aman, Alasannya, karena mereka tidak mau mengambil resiko terluka oleh roh-roh jahat yang suka merasuki tubuh manusia selama Halloween.

Swedia

Perayaan Halloween di Swedia berlangsung dari 31 Oktober hingga 6 November. Perayaan ini ditandai dengan hari libur bagi anak-anak sekolah dan jam kuliah/kerja yang diperpendek.

Meksiko dan Spanyol

Di kedua negara ini, Halloween lebih dikenal dengan nama “El Dia de los Muertos” atau Hari Kematian” dan diselenggarakan selama 3 hari, dari tanggal 31 Oktober hingga 2 Novermber.

Perayaan ini dimulai pada malam tanggal 31 Oktober dimana mereka percaya kerabat yang telah meninggal akan kembali ke rumah. Banyak keluarga yang membangun altar di rumah mereka, dan menghiasnya dengan permen, bunga, foto, air bersih, dan makanan kesukaan mendiang kerabat

Pada tanggal 2 November, semua anggota keluarga akan berkumpul di pemakaman. Makam-makam yang kotor akan dibersihkan dan diberi karangan bunga serta pita kertas. Para anggota keluarga lalu akan bernostalgia kenangan mereka akan mendiang. Setelah itu, mereka akan menyantap hidangan yang telah disiapkan seperti daging, roti, dan permen. Perayaan ini dianggap menjadi momen berinteraksi antara anggota keluarga dengan mendiang.

Leave a Reply