Tradisi Unik untuk Bayi yang Baru Lahir

bayi
Sumber : blog.atgancarzphotography.co.uk

Kelahiran seorang bayi merupakan momen yang paling ditunggu oleh para orang tua di seluruh dunia. Di beberapa negara, kelahiran merupakan sesuatu yang sakral sehingga harus dirayakan. Berbagai tradisi unik pun dijalankan untuk menyambut bayi dan calon ibu.

Kotak kayu berisi tali pusar – Jepang

tradisi bayi baru lahir
Sumber : www.muzuhashi.com

Rusah sakit bersalin di Jepang akan memasukkan tali pusar ke dalam sebuah kotak kayu dan menghadiahkannya kepada para ibu yang akan keluar rumah sakit. Kadang-kadang sebuah boneka dengan kimono juga ditempatkan di dalam kotak untuk melambangkan bayi yang sedang tidur. Tali pusar ditempatkan di dalam kimono dan baru akan terlihat ketika kimono dibuka.

Parcel bersalin – Finlandia

tradisi bayi baru lahir
Sumber : archives.deccanchronicle.com

Di Finlandia, setiap bayi yang baru lahir akan diberikan sebua kotak yang berisi pakaian bayi, selimut dan mainan dari pemerintah. Jika calon ibu tidak mau kotak tersebut, mereka boleh mengambil uang tunai (140 euro) sebagai gantinya.

Awalnya, kotak hadiah ini diperuntukkan bagi keluarga yang berasal golongan bawah. Namun sejak tahun 1949, hadiah diberikan kepada setiap bayi yang lahir di Finlandia tanpa melihat latar belakang mereka, sehingga setiap bayi memiliki awal yang sama untuk memulai hidup mereka.

Ramalan masa depan dari benda terpilih – Armenia

tradisi bayi baru lahir
Sumber : http://www.oddee.com/

Ketika bayi mendapatkan gigi pertama mereka, orang tua akan membuat sebuah perayaan bernama Agra Hadig. Bayi akan diletakkan di lantai yang dipenuhi berbagai benda untuk dipilih oleh bayi.

Benda apa pun yang terpilih melambangkan jalan hidup yang dipilih oleh si anak di masa depan. Sebagai contoh, jika bayi memilih alat ukur, maka anak tersebut akan menjadi seorang arsitek.

Telur merah – China

tradisi bayi baru lahir
Sumber : http://www.oddee.com/

Dalam tradisi China, bayi yang menginjak usia 1 bulan harus dirayakan karena merupakan peristiwa penting pertama bagi bayi yang baru lahir.

Keluarga dan teman akan berkumpul di rumah orang tua bayi, memberikan ucapan selamat dan hadiah kepada bayi. Hadiah yang diberikan bisa berupa angpao, pakaian bayi, mainan, buku, atau voucher.

Sebagai gantinya, orang tua bayi juga memberikan tanda terima kasih kepada tamu yang datang. Tanda terima kasih biasanya tergantung kepada orang tua yang bersangkutan, namun telur yang diberi pewarna merah merupakan benda wajib dibagikan kepada keluarga dan teman.

Menanam pohon di lokasi peletakan tali pusar – Jamaika

Di Jamaika, setelah seorang ibu melahirkan, tali pusarnya akan dikubur di sebuah tempat khusus dan pohon akan ditanam di atasnya. Pohon ini akan menjadi simbol mengejarkan kepada anak agar dia bertanggung jawab dalam kehidupannya.

Leave a Reply