Trik Mengupas Makanan

Memasak adalah hobi yang menyenangkan dan membuat anda bahagia, tapi tidak demikian dengan proses pengupasan bahan makanannya. Beberapa jenis makanan membuat anda menghabiskan waktu lebih lama untuk membersihkan dan mengupasnya daripada proses memasak itu sendiri.

Jahe

mengupas makanan
Sumber : www.barefeetinthekitchen.com

Jahe seringkali susah dikupas karena bentuknya yang tidak beraturan dengan sejumlah tonjolan di permukaannya. Daripada menggunakan pisau, sendok makan akan membantu anda mengupas lebih cepat dan lebih sedikit jahe yang terbuang sia-sia.

Bawang putih

Pecahkan bawang putih yang anda ingin kupas dengan gagang pisau lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tutup bawang putih dengan mangkuk lain, lalu guncang-guncang beberapa kali. Kulit bawang putih akan terpisah dengan bawang putihnya.

Kiwi

Kiwi memiliki daging yang lunak dan kulit yang sangat tipis sehingga anda harus ekstra hati-hati saat menguapasnya. Untuk mempermudah pengupasan kiwi, potong kedua ujung buah kira-kira ½ cm, lalu masukkan sendok ke dalam salah satu sisi, putar secara perlahan hingga seluruh sisi buah terpisah dari kulit.

Delima

Biji-biji merah delima memang menggugah selera, tapi jika mengingat harus mengupas bijinya satu per satu, anda mungkin berubah pikiran. Ada cara mudah yang dapat membantu anda mengatasi masalah ini. Belah delima anda menjadi 2 bagian, arahkan bagian isi ke dalam mangkuk. Pukul-pukul bagian luar delima dengan sendok kayu, maka biji-biji delima akan mengucur deras ke dalam mangkuk anda.

Kentang

Jika anda tidak mau duduk mengupas kentang sampai tangan anda pegal, anda bisa menggunakan teknik berikut. Rebus kentang selama beberapa menit dalam air mendidih, lalu pindahkan kentang ke dalam mangkuk berisi air es. Pegang kentang dengan kedua tangan anda, lalu tarik ke arah berlawanan. Kentang anda siap pakai sekarang.

Leave a Reply