Wanita ini Menggunakan Facebook untuk Menciptakan Liburan Palsu

Zilla
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Banyak dari kita yang sering iri dengan foto-foto liburan teman yang bertebaran di dunia maya, Facebook contohnya. Melihat bagaimana mereka bersenang-senang di pantai berpasir putih atau ke lokasi bersejarah membuat kita berharap pada hal yang sama.

Padahal, bisa saja foto yang kita lihat itu tidak benar-benar terjadi, seperti yang dialami oleh Zilla van den Born. Zilla yang merupakan mahasiswi sebuah universitas di Belanda mencoba membuktikan bahwa sangat mudah untuk memanipulasi kenyataan di dalam dunia maya.

Proyek tidak biasa ini merupakan bagian dari tugas Zilla di universitasnya. Selain pacarnya, Zilla tidak memberitahu siapa pun termasuk anggota keluarganya tentang proyek rahasianya.

Zilla memulai petualangannya dengan memamerkan foto dimana keluarganya mengantar dia ke bandara. Sesaat setelah keluarganya pulang, Zilla pun memesan tiket kereta api menuju apartemen miliknya di Amsterdam.

Selama 42 hari berikutnya, Zilla mengudate statusnya setiap saat dengan beragam foto yang menunjukkan bahwa dia sedang menikmati liburan di Thailand, Kamboja dan Laos. Dengan foto-foto eksotisnya sedang bersantai di pantai, menyelam, dan mengunjungi kuil, Zilla berhasil meyakinkan setiap teman di Facebooknya.

Zilla
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Zilla yang sebenarnya tidak beranjak dari Amsterdam mengubah dan menghias apartemennya agar mirip dengan kamar hotel di Thailand. Dengan mengandalkan hiasan natal dan payung khas Asia, Zilla melakukan video chat Skype dengan orang tuanya yang percaya penuh bahwa putri mereka sedang berada di Asia Tenggara.

Lokasi snorkeling Zilla adalah kolam renang di apartemen sedangkan kuil yang dikunjunginya merupakan kuil Budha di Amsterdam. Dalam beberapa fotonya, Zilla terlihat sedang menyantap kuliner Asia yang sebenarnya dia masak sendiri atau pesan dari restoran lokal.

Detail lain yang membuat keluarga besarnya semakin percaya adalah oleh-oleh yang dikirimkan Zilla bersama dengan kartu posnya. Karena terlalu semangat dengan kartu yang dikirimkan Zilla, mereka bahkan tidak sadar jika kartu tersebut menggunakan stempel pos Amsterdam.

Saat liburannya selesai, Zilla pun membeberkan kenyataan kepada anggota keluarganya. Uniknya, Zilla telah mempersiapkan kamera untuk mendokumentasikan reaksi yang beragam tersebut ke dalam sebuah video khusus.

Zilla
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Leave a Reply