Wanita yang Mengingat Segalanya

human calendar
Sumber : news.stanford.edu

Seorang wanita asal California, Amerika Serikat dijuluki wanita kalender karena kemampuan memorinya yang sangat luar biasa. Wanita berinisial AJ ini mampu menceritakan setiap kejadian di masa lalunya dengan tepat dan mendetail.

Ketika sadar bahwa dia bisa mengingat lebih dari seharusnya, AJ menghubungi neurobiologis UC Irvine, Jim McGaugh. Dalam percakapan mereka di telepon, AJ menceritakan kemampuan memorinya secara singkat.

Dengan cepat, Jim segera membawa beberapa teman penelitinya yaitu Larry Cahill dan Elizabeth Parker untuk menemui AJ. Sejumlah test yang dilakukan menunjukkan AJ memiliki sindrom hyperthymestic.

Kondisi ini membuat AJ dapat mengingat kejadian secara mendetail dan akurat. Namun, di luar kemampuan uniknya itu, AJ memiliki kelemahan dalam mengingat beberapa hal, seperti wajah dan melakukan hafalan.

Ketika diberikan test untuk menyebutkan tanggal dari sejumlah kejadian 10-25 tahun yang lalu, AJ dapat menjawab dan menceritakan apa yang dia lakukan pada tanggal yang bersangkutan. Salah satu memori terlamanya adalah saat dia berusia 18 bulan.

Leave a Reply