Whittier – Kota dimana Semuanya Tinggal dalam 1 Atap

Di kota Whittier, Alaska, hampir seluruh penduduknya tinggal di bawah atap yang sama, yaitu sebuah kondominium 14 tingkat. Kota dengan populasi sekitar 200 jiwa ini terletak diantara gunung dan air, sebuah daerah yang terisolasi dari dunia luar.

Kota ini ditemukan pada tahun 1969 sebagai salah satu lokasi basis tentara selama masa perang. Sembilan tahun setelah ditinggalkan oleh tentara, ratusan penduduk lokal yang masih menetap mulai membangun Whittier. Mereka melanjutkan pembuatan jalan, membangun sejumlah fasilitas umum dan membentuk infrastruktur kota.

Kondominium 14 tingkat menjadi rumah utama di Whittier. Hampir 90% penduduk tinggal bersama disana, mulai dari pendeta, anggota dewan, guru, polisi, hingga dokter. Sejumlah fasilitas seperti kantor polisi, klinik, toko serba ada, dam gereja juga terletak di basement gedung.

Karena kondisi “bersama” tersebut, pemandangan dimana warga melapor ke polisi atau murid yang tidak mengerti pelajaran mendatangi rumah gurunya menjadi hal biasa di Whittier. Faktor tinggal seatap ini juga membuat penduduk sangat akrab satu sama lain, layaknya keluarga sendiri.

Meskipun begitu, tidak semua orang menyukai prinsip kebersamaan ini. Sejumlah penduduk Whittier memilih untuk tinggal di luar gedung kondominium dengan membangun beberapa rumah kecil di sekeliling gedung. Menurut mereka, tinggal di dalam gedung terasa seperti hidup di dalam penjara dimana anda tidak bebas melakukan apa pun karena orang lain bisa melihat ke dalam rumah anda.

Whittier
Sumber : http://www.odditycentral.com/
Whittier
Sumber : http://www.odditycentral.com/

Leave a Reply