Wolffia – Tanaman Terkecil di Dunia

Wolffia
Sumber : commons.wikimedia.org

Dari sekian banyak spesies tanaman di muka bumi, 250.000 diantaranya dapat menghasilkan bunga. Wolffia yang sering direferensikan sebagai watermeal dan salah diidentifikasikan sebagai tanaman duckweed, merupakan tanaman berbunga terkecil di dunia.

Wolffia
Sumber : sallysbakingaddiction.com

Sebuah bunga Wolffia hanya memiliki berat 150 mikrogram atau setara dengan 2 butir pasir. Ukuran Wolffia sendiri kira-kira berdiameter 1 mm atau sama dengan gula warna-warni yang sering dipakai untuk menghias kue. Beberapa jenis Wolffia bahkan hanya memiliki diameter 0,3-0,6 mm.

Wolffia
Sumber : http://www.biolib.cz/

Wolffia tumbuh dalam bentuk koloni sehingga membentuk padang rumput mini jika dilihat dengan mata telanjang. Bunga Wolffia hanya memiliki 1 putik dan 1 benang sari, menghasilkan buah terkecil di dunia yang disebut utrikulus.

Wolffia
Sumber : http://www.biolib.cz/

Tanaman Wolffia tidak memiliki akar, batang, maupun daun. Wolffia dapat ditemukan dengan mudah hidup mengambang di permukaan air tawar danau dan rawa-rawa. Wolffia memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga sering menjadi makanan ikan. Di beberapa negara Asia Tenggara seperti Burma, Laos dan Thailand, Wolffia juga disajikan sebagai sayur-sayuran.

Leave a Reply